Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Cara Bersihkan Mesin Kopi yang Bau, Pakai Cuka dan Soda Kue

Kompas.com - 05/01/2024, 18:06 WIB
Marsha Awang Lisba Siella,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Membersihkan mesin kopi secara teratur merupakan langkah penting untuk mencegah penumpukan sisa-sisa kopi.

Mesin kopi yang kotor dan jarang dibersihkan bisa menjadi tempat berkembang biaknya kuman, bakteri, bahkan jamur.

Kamu sebaiknya perlu membersihkan mesin kopi sebulan sekali jika kamu tidak menggunakannya setiap hari.

Baca juga: Resep Kopi Moka ala Kafe, Cuma 5 Bahan

Cara bersihkan mesin kopi yang bau

Simak cara membersihkan kopi dengan benar menggunakan cuka dan soda kue seperti laman The Spruce Eats berikut.

1. Gunakan cuka untuk membersihkan coffee maker

Jika mempunyai coffee maker yang bau, kamu dapat menggunakan air dan cuka untuk mengatasi bau tidak sedap. Sifat asam cuka membantu membersihkan mesin sekaligus menghilangkan endapan air.

Kamu perlu mengisi wadah pembuat kopi dengan air keran dan cuka. Kemudian masukkan filter ke dalam coffee maker dan nyalakan mesin pembuat kopi.

Cuka bisa digunakan membersihkan alat pemanggang.SHUTTERSTOCK/MICHELLE LEE PHOTOGRAPHY Cuka bisa digunakan membersihkan alat pemanggang.

Matikan dan diamkan cuka di dalam teko hingga satu jam, tergantung seberapa kotornya coffee maker tersebut. Setelah proses pembersihan selesai, buang kertas penyaring kopi dan tuangkan dengan cuka.

Selanjutnya kamu perlu menghilangkan bau cuka di dalam teko dengan mengisi ulang wadah pembuat kopi dengan air.

Baca juga: Resep Kopi Jeruk Rempah, Sajikan Hangat Sehabis Hujan

Tambahkan filter baru dan lakukan metode pembuat kopi seperti sebelumnya. Lakukan ini dua kali untuk memastikan kopi tidak memiliki rasa cuka.

2. Gunakan cuka untuk membersihkan mesin kopi keurig

Jika kamu menggunakan mesin kopi seperti keurig, kamu dapat menggunakan cuka untuk mengurai endapan yang dapat mempengaruhi rasa kopi.

 
 
 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Foodplace (@my.foodplace)

Kamu perlu mengisi wadah kosong dengan 473 ml cuka, dan letakkan cangkir di bagian nampan yang tersedia dan angkat pegangan seperti kamu akan memasukkan K-cup.

Seduh dan lakukan proses pembersihan dengan menyalakan mesin kopi. Setelah 30 menit kosongkan dan cuci wadahnya, serta isi dengan air bersih. Lakukan 12 kali pembilasan untuk menghilangkan rasa cuka dari mesin kopi tersebut.

3. Gunakan soda kue untuk membersihkan coffee maker

Jika kamu tidak ingin menggunakan cuka atau tidak mempunyai cuka di rumah, kamu dapat menggantikannya dengan soda kue untuk menghilangkan bau pada mesin kopi.

Kamu dapat memasukkan campurkan soda kue dan air, untuk membersihkan coffee maker yang bau, dengan menyalakan mesin kopi.

Soda kue dianggap mampu mengembalikan keseimbangan pH dan mengurangi peradangan, yang dapat menjadi salah satu cara mengobati sariawan secara alami.PEXELS/KABOOMPICS Soda kue dianggap mampu mengembalikan keseimbangan pH dan mengurangi peradangan, yang dapat menjadi salah satu cara mengobati sariawan secara alami.

Selain itu, kamu juga bisa menggunakan air dan lemon untuk membersihkan mesin kopi, dan pastikan kamu tidak memasukkan biji atau ampas apapun ke dalam mesin.

Jangan pernah menggunakan bahan kimia keras, seperti pemutih untuk membersihkan pembuat kopi karena dapat merusak peralatan dan dapat meninggalkan residu berbahaya pada kopi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com