Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Cara Panggang Kentang di Microwave, Cepat Empuk dan Beraroma

Kompas.com - 10/11/2023, 11:13 WIB
Alma Erin Mentari

Penulis

KOMPAS.com - Kentang panggang biasa dihadirkan saat pesta barbeku. Jika kamu sedang memiliki stok kentang dalam jumlah banyak, coba ikuti tips memanggangnya di microwave agar cepat empuk.

Dilansir dari laman The Spruce Eats, kentang panggang merupakan salah satu olahan kentang yang sehat karena menggunakan minyak yang sedikit.

Walau begitu, cara panggang kentang di microwave sering kali menjadi tantangan tersendiri bagi sebagian orang. Pasalnya, kentang sering kali menghasilkan tekstur yang setengah matang dan bertepung.

Oleh karena itu, simak tips panggang kentang di microwave yang satu ini.

Baca juga:

1. Siapkan tiga bahan

Dalam laman tersebut, kamu perlu menyiapkan kentang, minyak zaitun, dan garam. Pastikan kamu menggunakan kentang yang tidak berumbi dan masih dalam keadaan segar.

2. Cara cuci kentang

Sebelum dipanggang, pastikan kentang dicuci hingga bersih. Gosok bagian kulitnya agar debu dan kotoran berupa pasir yang menempel bisa hilang seketika.

Angkat dan keringkan. Kalau kentang sudah kering, tusuk dengan garpu di setiap bagian tengahnya.

Balikkan dan tusuk di sisi lainnya. Cara ini untuk membuat uap di dalam kentang keluar sempurna, sehingga kentang bisa matang.

3. Siapkan microwave

Panas dan panggang kentang dalam microwave dengan suhu tinggi selama lima sampai enam menit untuk dua kentang. Sementara, jika kamu memanggang empat kentang sekaligus, pastikan untuk memanggangnya selama 10 sampai 12 menit.

4. Olesi dengan minyak zaitun dan garam

Kalau kentang sudah dipanggang, keluarkan kentang dari oven dan olesi dengan sedikit minyak zaitun. Taburkan dengan garam di atas kentang.

Letakkan kentang di rak oven dan biarkan cairannya menetes. Panggang kembali selama 30 menit atau hingga kulitnya renyah.

Tusuk dengan tusuk sate agar bumbu meresap sempurna ke dalam kentang.

5. Hindari membungkus kentang dengan aluminium foil

Dalam laman The Spruce Eats menyarankan untuk tidak membungkus kentang dengan aluminium foil karena akan mengukus kentang dan bukan memanggangnya.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Foodplace (@my.foodplace)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com