Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Itu Chowder yang Dibikin Harris MasterChef Indonesia?

Kompas.com - 08/10/2023, 09:04 WIB
Yuharrani Aisyah

Penulis

KOMPAS.com - Harris, peserta MasterChef Indonesia musim 11, membuat crab salab yang disajikan bersama chowder pada episode Sabtu (8/10/2023).

Crab salad disajikan di atas piring, sedangkan chowder di dalam cangkir kecil yang biasa untuk saus. Cara menyantap sajian Harris yaitu chowder dituang ke atas crab salad.

Namun, menurut juri MasterChef Indonesia musim 11 Renatta, chowder itu terlalu kental dan ada bagian yang menggumpal sehingga mengakibatkan susah dituang.

Walau begitu, hidangan Harris mampu membawanya sebagai pemenang tantangan masak dalam waktu 60 menit dengan pantry kecil.

Lantas, apa sebenarnya chowder dan bagaimana seharusnya konsistensinya?

Baca juga:

Melansir All Recipes, asal usul kata chowder tidak jelas muncul sejak kapan tetapi ada beberapa teori.

Ada yang berspekulasi kalau itu berasal dari kata latin calderia yang artinya tempat memasak makanan hangat. Teori lain, mengatakan kata itu berasal dari bahasa Perancis untuk kuali yaitu chaudron.

Chowder pertama kali dimasak oleh para nelayan di atas kapal. Mereka mengolah sebagian hasil tangkapan hari itu dalam kuali besar.

Menurut buku A History of Chowder: Four Centuries of a New England Meal, resep chowder paling awal tercatat pada 1751, ketika muncul di The Boston Evening Post, sebuah koran di Amerika Serikat.

Chowder yang dijelaskan dalam resep ini kental dan mengandung daging babi yang sudah diasinkan, bawang bombai, biskuit, dan ikan dengan takaran yang mampu ditampung dalam satu kuali.

Ilustrasi membuat sup krim kental.PIXABAY/ JoyfulRose Ilustrasi membuat sup krim kental.

Menambahkan dari Taste of Home, chowder adalah sup krim kaya rasa yang umumnya mengandung kerang dan kentang.

Seafood chowder merupakan makanan khas di Amerika Serikat bagian Timur Laut seperti New England. Chowder tidak harus mengandung protein hewani, bisa juga dibuat dari sayur.

Ada beberapa cara untuk mengentalkan chowder yaitu dengan menambahkan kentang, tepung maizena, atau roux (campuran terigu dan lemak seperti minyak atau mentega).

Walau chowder identik dengan tekstur kental dan creamy tetapi ada pula jenis chowder yang lebih encer dan berbahan dasar tomat.

Dapat disimpulkan bahwa chowder adalah jenis sup tetapi tidak semua sup dapat disebut chowder.

Pasalnya, sup merupakan istilah yang luas dan dapat berarti segala jenis makanan cair panas atau dingin yang terdiri dari sayuran, daging, kaldu, dan perasa lainnya.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com