Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Makanan Tinggi Kolagen, Bikin Tampak Awet Muda

Kompas.com - 27/09/2023, 13:09 WIB
Alma Erin Mentari

Penulis

Sumber Healthline

KOMPAS.com - Selain perawatan dari luar, kamu perlu mengonsumsi aneka bahan bergizi tinggi untuk merawat kulit dari dalam. Seperti dengan mengonsumsi aneka bahan masakan kolagen tinggi.

Dilansir dari laman Healthline, kolagen merupakan protein yang membentuk tekstur, kekenyalan, dan kelenturan kulit. Seiring dengan bertambahnya usia, kandungan kolagen yang diproduksi oleh tubuh akan menurun.

Kamu perlu mengonsumsi makanan kaya kolagen berikut ini untuk membantu menjaga kesehatan kulit.

Baca juga:

1. Kaldu tulang

Walau penelitian terbaru mengatakan, jika kaldu tulang mungkin bukan menjadi sumber kolagen yang bisa diandalkan.

Namun, kaldu tulang yang mana terbuat dari tulang dan jaringan ikat mengandung banyak gizi baik. Seperti, kalsium, magnesium, fosfor, kolagen, hingga asam amino.

2. Ayam

Banyak suplemen kolagen yang menggunakan daging ayam. Daging ayam memang terkenal mengandung kolagen yang tinggi, kamu bisa melihatnya dari jaringan ikat yang terkandung di dalam unggas.

3. Ikan

Ikan memiliki tulang dan ligamen yang terbuat dari kolagen. Beberapa orang menganggap, kolagen ikan yang paling mudah diserap tubuh manusia.

Namun, bagian ikan yang banyak mengandung kolagen ada pada bagian kepala, sisi, dan bola matanya yang mungkin jarang dikonsumsi.

4. Putih telur

Putih telur mengandung prolin, asam amnino, dan kolagen yang cukup tinggi di dalamnya.

5. Citrus fruit

Citrus fruit seperti jeruk lemon, jeruk nipis, hingga jeruk bali mengandung vitamin C yang tinggi. Vitamin C inilah yang memainkan peran utama dalam memproduksi kolagen dalam tubuh.

6. Bawang putih

Bawang putih juga bisa dikonsumsi untuk meningkatkan produksi kolagen pada kulit tubuh. Kamu bisa menambahkan bawang putih ke dalam diet rutin yang biasa kamu jalani.

7. Sayuran hijau

Sayuran hijau seperti bayam, kangkung, dan lobak mendapatkan warna hijau dari klorofil. Kandungan klorofil di dalamnya bisa meningkatkan kolagen dalam kulit.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Foodplace (@my.foodplace)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com