Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

9 Makanan Khas Pura Mangkunegaran di Restoran Pracimasana, Area Pracima Tuin Solo

Kompas.com - 17/08/2023, 18:10 WIB
Yuharrani Aisyah

Penulis

SOLO, KOMPAS.com - Pura Mangkunegaran mempunyai beragam makanan khas, beberapa di antaranya dapat kamu nikmati di Pracimasana.

Pracimasana adalah restoran yang berada di area Pracima Tuin atau Taman Pracima, Pura Mangkunegaran Solo.

Restoran berkonsep fine dining ini didominasi dengan warna putih dan dinding dari kaca.

Kamu dapat menikmati hidangan khas Pura Mangkunegaran sembari menyaksikan pemandangan Pracima Tuin dari dalam restoran.

"Hidangan di Pracimasana berbasis dari resep-resep Pura Mangkunegaran," jelas Gusti Raden Ajeng (GRAj) Ancillasura Marina Sudjiwo, putri dari Mangkunegara IX, saat acara Jelajah Gizi 2023 Danone Indonesia dan Citilink di Pracimasana, Senin (14/8/2023).

Gusti Sura, panggilan GRAj Ancillasura Marina Sudjiwo, menambahkan bahwa resep khas Pura Mangkunegaran tersebut selalu didokumentasikan atau diarsipkan sehingga rasa makanan tidak berubah.

Di samping itu, resep makanan Pura Mangkunegaran juga dapat bertahan berkat koki-koki yang sejak lama bekerja di dapur Pura Mangkunegaran.

Menariknya, makanan yang disajikan di Pura Mangkunegaran dikemas secara modern dan menarik, terlihat seperti hidangan di restoran ala Barat.

Apabila kamu berkesempatan mencicipi makanan di Pracimasana, berikut beberapa rekomendasinya.

Baca juga:

1. Kunyit Asem

Sebelum menuju ke makanan, kamu dapat menikmati welcome drink berupa Kunyit Asem.

Seperti namanya, minuman tradisional Jawa ini terbuat dari kunyit dan asam jawa. Kemudian ditambah dengan gula aren untuk memberikan rasa manis.

Terdapat filosofi di balik Kunyit Asem yaitu rasa manis dan asam melambangkan awal kehidupan manusia saat bayi hingga pra-remaja.

Baca juga: Resep Es Kunyit Asem, Minuman Segar untuk Turunkan Kolesterol

2. Brubus

Menu di Pracimasana: Brubus terbuat dari daging giling berempah dibungkus dengan sawi, disajikan bersama areh.KOMPAS.com/YUHARRANI AISYAH Menu di Pracimasana: Brubus terbuat dari daging giling berempah dibungkus dengan sawi, disajikan bersama areh.

Brubus, menu pembuka yang terbuat dari daging sapi giling berbumbu kemudian dibungkus dengan sawi. Bumbu yang digunakan seperti bawang putih, bawang merah, dan ketumbar.

Makanan kukus ini disiram dengan sedikit areh atau santan kental masak serta dilengkapi dengan sambal kencur.

"Brubus adalah makanan kesukaan K.G.P.A.A Mangkunegara VII," kata Gusti Sura.

3. Urap Pitik Linting

Menu di Pracimasana: Urap Pitik Linting terdiri dari ayam filet dengan urap sayur.KOMPAS.com/YUHARRANI AISYAH Menu di Pracimasana: Urap Pitik Linting terdiri dari ayam filet dengan urap sayur.

Masih berupa makanan pembuka, ada Urap Pitik Linting. Berbeda dengan urap pada umumnya, makanan ini dilengkapi protein hewani yaitu ayam.

Tak lupa disajikan bersama sayur khas urap seperti bunga turi, kenikir, taoge, mlanding atau lamtoro atau petai cina, buncis, dan kecombrang. Tentu tak lupa diberi kelapa parut berbumbu khas urap.

"Urap ini sudah disajikan sejak zaman kerajaan Mataran Kuno di Jawa Tengah. Sampai saat ini, olahan urap masih disajikan di Pura Mangkunegaran," terang Gusti Sura.

Baca juga: Resep Urap Jawa Berbagai Macam Sayur, Pakai Kelapa Parut Sangrai

4. Sop Daging Rempah

Menu di Pracimasana: Sop Daging Rempah terdiri dari kuah kaldu dengan irisan daging sapi dan sayur.KOMPAS.com/YUHARRANI AISYAH Menu di Pracimasana: Sop Daging Rempah terdiri dari kuah kaldu dengan irisan daging sapi dan sayur.

Menurut Gusti Sura, sop telah dihidangkan sejak masa Mangkunegara I sampai sekarang. Hidangan ini pun menjadi makanan pembuka berikutnya di Pracimasana.

Sop Daging Rempah yang berkuah hangat ini terdiri dari irisan daging sapi, wortel, tomat, kentang, dan taburan daun bawang.

Kuah kaldu sop bening dan rasanya gurih dengan sedikit sentuhan manis. 

Baca juga: Resep Sop Daging Sapi Bening yang Gurih, Tambah Beragam Sayur

5. Pepes Iwak Kemangi

Menu di Pracimasana: Pepes Iwak Kemangi merupakan olahan gurame filet yang dibumbui dengan bawang merah, bawang putih, kemiri, cabai, dan daun kemangi.KOMPAS.com/YUHARRANI AISYAH Menu di Pracimasana: Pepes Iwak Kemangi merupakan olahan gurame filet yang dibumbui dengan bawang merah, bawang putih, kemiri, cabai, dan daun kemangi.

Pepes Iwak Kemangi merupakan olahan gurame filet yang dibumbui dengan bawang merah, bawang putih, kemiri, cabai, dan daun kemangi.

Kemudian disajikan bersama jamur, tomat ceri, jeruk nipis, dan nasi gurih.

Ikan gurame dicintai masyarakat Jawa karena simbol keberkahan, keharmonisan, dan kemakmuran.

6. Dendeng Age

Menu di Pracimasana: Dendeng Age adalah daging sapi has dalam, steak dengan kematangan medium well, disajikan bersama kentang tumbuk dan sayur.KOMPAS.com/YUHARRANI AISYAH Menu di Pracimasana: Dendeng Age adalah daging sapi has dalam, steak dengan kematangan medium well, disajikan bersama kentang tumbuk dan sayur.

Beranjak ke menu utama yaitu Dendeng Age. Gusti Sura menyampaikan bahwa makanan ini telah menjadi favorit semua K.G.P.A.A Mangkunegara dan menjadi salah satu hidangan wajib di meja makan Pura Mangkunegara.

Berbahan utama daging sapi has dalam yang telah dimarinasi, sajian ini mirip dengan steak dengan kematangan medium well.

Hidangan yang dibentuk seperti sate dengan potongan daging sapi besar ini disajikan bersama siraman areh dan umbi-umbian.

Baca juga: 5 Tingkat Kematangan Steak Daging Sapi, Mana Favoritmu?

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com