Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Salad Khas Thailand yang Populer, Bisa Jadi Menu Bekal Siang

Kompas.com - 10/07/2023, 12:11 WIB
Alma Erin Mentari

Penulis

KOMPAS.com Salad Thailand bisa kamu hidangkan sebagai menu makan siang. Isian dari Thai Salad cukup banyak jenisnya. Ada irisan daging sapi, seafood mentah, buah, hingga sayuran.

Sebagai sausnya, ada penggunaan seperti rempah, saus pedas, asam, manis, dan gurih dari penggunaan bawang merah, daun mint, hingga daun ketumbar.

Selengkapnya, simak 10 salad Thailand populer berikut ini.

Baca juga:

1. Som Tam

Dilansir dari Taste Atlas, Som Tam merupakan salad pepaya hijau yang bisa kamu temukan di wilayah timur laut Thailand dan Laos.

Isiannya terbuat dari potongan tipis pepaya hijau, kacang tanah, kacang hijau, kecap ikan, dan udang kering. Variasi dari isian Som Tam cukup banyak.

Di beberapa restoran atau kedai makan kaki lima biasanya menyesuaikan isian sesuai dengan bahan yang disukai pelanggan.

2. Larb

Selanjutnya, ada Larb. Salad daging dengan bumbu rempah ini juga bisa kamu coba atau buat di rumah.

Bahan dasar Larb adalah daging cincang dari sapi, babi, ayam, bebek, atau ikan mentah maupun masak. Ada pun sausnya umumnya menggunakan perasan jeruk nipis, kecap ikan fermentasi.

3. Yum Woon Sen

Yum woon sen adalah nama untuk salad Thailand dengan cita rasa pedas yang terbuat dari mi kaca, daging babi giling, cabai, dan saus.

Pada setiap hidangannya, salad ini diberi taburan kacang di atasnya.

Ilustrasi salad thailand yang segar, asam, manis, pedas. DOK.SHUTTERSTOCK/StockPassion Ilustrasi salad thailand yang segar, asam, manis, pedas.

4. Yom Wun Sen

Yom Yun Sen merupakan salad Thailand yang menggunakan mi kaca bening dengan rasa segar dan tekstur renyah.

Salad ini terbuat dari campuran bawang putih goreng, daun ketumbar, cabai, udang kering, air jeruk nipis, kecap ikan, bawang bombay, seledri, hingga kacang panjang.

5. Phla kung

Phla kung memiliki cita rasa asam pedas, bahan utamanya adalah udang. Salad udang ini biasa dihidangkan dengan tangkau daun mint segar.

Isiannya dari udang rebus dengan serai, bawang merah, daun jeruk purut, daun ketumbar, dan daun mint yang disiram dengan air perasan jeruk nipis.

6. Yam khai dao

Yam khai dao adalah salad Thailand yang terdiri dari telur goreng dan irisan sayuran seperti bawang bombai dan telur. Tambah dengan daun ketumbar yang baru dicincang.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com