Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Masak Bubur Tidak Gosong dari Pedagang, Mainkan Api Kompor

Kompas.com - 13/05/2023, 11:12 WIB
Diva Inggar Sabilillah,
Silvita Agmasari

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Bubur menjadi pilihan makanan yang sering disantap banyak orang di pagi hari.

Selain sebagai hidangan sarapan, bubur kerap kali disantap oleh orang yang sedang sakit. Hal itu karena tekstur bubur yang lembut dan ringan saat masuk ke dalam perut.

Masak bubur tidak semudah yang dibayangkan. Jika salah teknik masaknya, bubur yang dihasilkan tidak sempurna, bahkan jadi gosong.

Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan supaya bubur yang dibuat tidak gosong.

Marikun selaku pedagang Bubur Ayam Radio Dalam 1 membagikan beberapa masak bubur anti gosong. Simak penjelasannya di bawah ini.

Baca juga:

1. Masukkan beras setelah air mendidih

Ilustrasi bubur ayam. SHUTTERSTOCK/ARIS SETYA Ilustrasi bubur ayam.

Hal pertama yang harus dilakukan terlebih dahulu adalah masak air sampai mendidih. Setelah air mendidih, masukkan beras ke dalamnya. 

“Setelah beras masuk, jangan lupa untuk diaduk perlahan. Aduk sampai beras menjadi bubur dan mendidih,” kata Marikun saat ditemui Kompas.com, Rabu (11/05/2023).

Baca juga:

2. Mainkan api kompor

Marikun mengatakan bahwa saat memasak bubur, kuncinya ada di penggunaan api. Api harus selalu diperhatikan agar bubur tidak sampai gosong. 

Setelah bubur mendidih, matikan api dan diamkan selama satu jam. Pada proses ini, bubur sudah setengah lembek. Aduk kembali dengan perlahan.

“Setelah diaduk, diamkan lagi selama satu jam. Lakukan sebanyak tiga kali sampai  bubur hampir benar-benar lembek. Setelah diaduk rata, baru nyalakan lagi apinya,” ujar Marikun.

Api yang digunakan juga harus disesuaikan. Jangan gunakan api besar secara terus-menerus karena bisa menyebabkan bubur gosong. 

Jika bubur sudah kembali mendidih, kecilkan api sambil tetap diaduk perlahan. Lakukan hal itu sampai bubur matang merata. 

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Foodplace (@my.foodplace)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com