Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Cara Masak Bubur Anti Lengket dan Gosong, Makin Enak!

Kompas.com - 19/08/2020, 19:19 WIB
Syifa Nuri Khairunnisa,
Yuharrani Aisyah

Tim Redaksi


KOMPAS.com – Memasak bubur mungkin terkesan mudah untuk banyak orang. Namun jika salah langkah, bisa jadi bubur yang kamu masak jadi mudah lengket dan gosong.

Executive Chef Grand Dafam Hotel Banjar Baru, Bambang Adi membagikan beberapa tips membuat bubur yang anti lengket dan anti gosong.

Baca juga: Resep Bubur Asyura khas Tahun Baru Islam di Kalimantan Selatan, Terbuat dari 41 Bahan

1. Rendam beras terlebih dahulu

Pertama sebaiknya rendam beras selama beberapa saat. Merendam beras bisa membantu mempercepat proses memasak bubur. Tak itu saja, nantinya beras juga akan lebih mudah lembut ketika dimasak.

Baca juga: 10 Bubur Khas Nusantara untuk Sarapan, dari Bubur Ase sampai Tinutuan

2. Tumis dengan minyak

Kedua, langkah ini cukup krusial. Beras yang sudah direndam tadi sebaiknya ditumis menggunakan minyak serta jahe dan bawang putih.

“Kita kasih minyak, kasih jahe, kasih garlic chop, itu kita tumis. Baru kita kasih beras yang kita rendam tadi. Jadi (bubur) enggak lengket karena di situ sudah ada minyaknya,” kata Bambang ketika dihubungi Kompas.com, Senin (17/8/2020).

Ilustrasi bubur yang terbuat dari beras. SHUTTERSTOCK/JADE Y Ilustrasi bubur yang terbuat dari beras.

Gunakan minyak yang cukup agar seluruh beras terlapisi minyak. Kemudian aduk rata dan tumis selama kurang lebih 5 menit. Kamu bisa menumisnya langsung di panci yang akan kamu gunakan untuk memasak bubur.

“Panci kan ada yang stainless dan ada yang biasa. Nah kita sarankan yang stainless atau anti lengket, kalau enggak ada panci biasa juga enggak apa-apa.”

3. Gunakan jahe dan bawang putih

Ketika menumis beras, kamu juga sebaiknya menggunakan jahe yang sudah digeprek dan bawang putih yang sudah dicincang. Penggunaan kedua bahan tersebut, kata Bambang, berfungsi untuk memberikan aroma harum pada bubur.

Baca juga: Sarapan Yuk! Coba Resep Bubur Ayam Gampang dan Enak

“Supaya walaupun enggak dibumbui dia sudah ada baunya, wangi dari jahe dan bawang putih itu sendiri,” ujar Bambang.

Ilustrasi bubur ikanShutterstock/Kritchai7752 Ilustrasi bubur ikan

4. Masak dengan api sedang

Ketika menumis beras dengan minyak, gunakan api sedang. Jaga agar api tidak terlalu besar atau terlalu kecil agar panasnya merata.

Setelah beras ditumis, masukkan air secukupnya ke dalam panci lalu mulai masak bubur. Gunakan pula api sedang ketika mulai mengaduk bubur dengan air. Api yang tidak terlalu besar bisa mencegah bubur jadi gosong.

5. Aduk berkala

Kemudian langkah yang juga cukup krusial adalah mengaduk bubur secara berkala. Gunakan spatula kayu untuk mengaduk bubur dalam panci.

“Biar enggak gosong pertama pengapiannya. Kedua, kita sering mengaduk. Enggak sesering mungkin, tapi paling tidak 2 menit sekali atau 5 menit sekali. Karena kalau kita enggak aduk otomatis di bawahnya akan hangus,” pungkas Bambang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com