Kompas.com - 26/10/2020, 16:50 WIB


KOMPAS.com – Membuat bubur ketan hitam sendiri mungkin terdengar sederhana. Namun jika salah langkah, bisa jadi bubur ketan hitam yang kamu masak malah gosong atau gagal empuk.

Ada beberapa tips khusus yang bisa kamu coba ketika masak bubur ketan hitam agar hasilnya sempurna. Berikut ini tips dari Chef Lucky P. Nugraha dari The Jayakarta Suites Bandung.

Baca juga: Cara Masak Beras Ketan, Beda dengan Masak Beras Nasi Biasa

1. Rendam dulu

“Biasanya bubur-bubur yang berbahan biji-bijian seperti dari beras, jagung, atau kacang itu biasanya setelah dicuci bersih lalu direndam lebih dulu,” kata Lucky ketika dihubungi Kompas.com, Senin (26/10/2020).

Termasuk ketan hitam. Menurut Lucky, ketan hitam sebaiknya direndam dengan air biasa sekitar tiga jam sebelum direbus.

Ilustrasi ketan hitamTachjang Ilustrasi ketan hitam

Biji-bijian seperti ketan hitam ini direndam lebih dulu agar bisa hancur ketika direbus. Tak itu saja, teksturnya juga akan lebih lembut nantinya.

2. Rebus dengan daun atau rempah

Sebelum direbus, pastikan air rebusan sudah mendidih. Jika sudah, masukkan ketan hitam yang sudah direndam tadi. Jangan lupa untuk buang dulu air rendamannya.

Setelah itu rebus ketan hitam bersama daun atau rempah. Gunanya untuk menghilangkan aroma asli ketan hitamnya agar nanti lebih harum.

Kamu bisa menggunakan daun pandan, jahe, atau ekstrak vanili. Sesuaikan dengan selera.

3. Gunakan api sedang

Untuk memasak ketan hitam sebaiknya gunakan api ukuran sedang. Biarkan ketan hitam dimasak dengan lambat atau dengan cara slow cooking. Ini berfungsi supaya ketan hitam tidak mudah gosong.

Ilustrasi bubur ketan hitamShutterstock/Riana Ambarsari Ilustrasi bubur ketan hitam

Jika api terlalu besar, maka ketan hitam akan gosong lebih dulu padahal ketannya belum hancur sama sekali alias masih keras dan tidak empuk.

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.