Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Tips Membuat Kue Kering Goreng agar Tidak Keras, Sangrai Terigu

Kompas.com - 17/04/2023, 11:13 WIB
Alma Erin Mentari

Penulis

KOMPAS.com - Selain kue kering yang dimatangkan dengan cara dipanggang, kamu juga bisa menghidangkan aneka kue kering goreng yang renyah tahan lama. 

Dilansir dari buku "Snack Kering Serba Goreng untuk Jualan" (2013) oleh Dapur Aliza terbitan PT Gramedia Pustaka Utama, ada lima tips membuat kue kering goreng yang cocok untuk mengisi stoples camilan di rumah. 

Kamu bisa mengikuti penjelasannya berikut ini. 

Baca juga:

1. Sangrai tepung terigu 

Kamu bisa sangrai tepung terigu hingga kering untuk mendapatkan kue yang renyah. Selain sangrai, kamu juga bisa jemur di bawah sinar matahari. 

2. Uleni adonan dengan meremasnya

Kamu bisa menguleni adonan dengan cara meremasnya agar kue tidak keras. Gunakan jari untuk menguleni adonan secara perlahan dan tidak menekannya terlalu keras. 

Kamu juga bisa menggunakan adonan dengan sendok kayu. 

3. Gunakan telur masih baru 

Cara membuat kue kering goreng agar renyah adalah dengan menggunakan telur yang masih fresh. Gunakan telur yang baru saja dikeluarkan dari kulkas, kemudian diamkan hingga suhu ruang. 

4. Jangan campur terigu sekaligus

Jangan mencampur tepung terigu sekaligus karena kelembaban tepung yang berbeda-beda bisa membuat kue keras dan tidak renyah. 

5. Gunakan mikser dengan kecepatan sedang 

Pada saat akan mengocok mentega dan gula higga larut, masukkan telur satu per satu dan kurangi kecepatan mikser. Setelah itu, masukkan bahan lainnya. 

Kalau adonan tidak perlu dimikser, gunakan pisau pastry atau ujung jari saja untuk mengaduk bahannya. 

Buku "Snack Kering Serba Goreng untuk Jualan" (2013) oleh Dapur Aliza terbitan PT Gramedia Pustaka Utama bisa dibeli di Gramedia.com

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Foodplace (@my.foodplace)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com