Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 13/04/2023, 10:28 WIB
Krisda Tiofani,
Silvita Agmasari

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Camilan renyah telur gabus bisa disajikan dengan cita rasa gurih maupun manis. Kali ini, kamu bisa membuat telur gabus manis.

Resep telur gabus tanpa keju ini menghasilkan 400 gram camilan renyah untuk Lebaran nanti. Kamu bisa membuat dua setengah kali resep untuk satu kilogram telur gabus

Setelah matang, baluri telur gabus dengan larutan gula yang terbuat dari campuran gula pasir dan gula merah.

Simak resep telur gabus dari buku "Camilan Serba Kriuuukk (Bisnis Laris Manis)" (2014) oleh Sufi S.Yahyono terbitan Gramedia Pustaka Utama berikut ini. 

Baca juga:

Resep telur gabus

Bahan:

  • 275 gr tepung ketan
  • 75 gr tepung beras
  • Setengah sdt garam halus
  • 50 gr gula halus, ayak
  • Setengah sdt vanili
  • 4 butir telur, kocok lepas
  • Minyak untuk menggoreng

Larutan gula untuk melumuri:

  • 150 gr gula pasir halus
  • 50 gr gula merah sisir
  • 50 ml air

Cara membuat telur gabus

1. Campur tepung ketan, tepung beras, garam, gula halus, dan vanili. Aduk rata. Masukkan telur kocok, aduk-aduk hingga tercampur rata. Tambahkan satu sendok makan minyak goreng, uleni hingga adonan kalis, tidak lengket di tangan.

2. Pulungi adonan sebesar jari kelingking. Bentuk runcing kedua ujungnya. Tempatkan dalam wadah berisi minyak goreng yang masih dingin. Lakukan hingga adonan habis.

3. Siapkan wajan berisi minyak goreng cukup banyak, masukkan adonan dan nyalakan api kompor sedang. 

4. Goreng telur gabus hingga matang berwarna kuning kecoklatan, tiriskan. Matikan api kompor, biarkan minyak dalam wajan dingin, baru mulai merendam adonan dan menggoreng lagi hingga matang. Tiriskan.

5. Buat larutan gula dengan menempatkan semua bahannya di dalam wajan antilengket, masak dengan api kecil. Jika mulai mencair, aduk hingga gula larut. Matikan api. Masukkan telur gabus, aduk hingga semua terlumuri gula merata. 

Baca juga:

Buku "Camilan Serba Kriuuukk (Bisnis Laris Manis)" (2014) oleh Sufi S.Yahyono terbitan Gramedia Pustaka Utama tersedia online di Gramedia.com.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com