Kompas.com - 03/05/2021, 13:02 WIB
Ilustrasi kue telur gabus. DOK. SAJIAN SEDAPIlustrasi kue telur gabus.
Penulis Lea Lyliana
|

KOMPAS.com - Telur gabus dapat disajikan untuk camilan lebaran. Rasanya yang gurih membuat banyak orang menyukainya. 

Cara membuat telur gabus cukuplah mudah. Namun untuk mendapatkan tekstur yang renyah dan empuk dibutuhkan ketelitian. Terutama pada adonan dan proses penggorengannya. 

Berikut tips membuat telur gabus renyah dan tidak mudah hancur melansir dari buku "Snack Kering Serba Goreng untuk Jualan" oleh Dapur Aliza terbitan PT Gramedia Pustaka Utama. 

Baca juga: Resep Telur Gabus Keju, Camilan Renyah Tahan Lama untuk Lebaran

1. Gunakan tepung sagu 

Tepung sagu produksi sentra industri sagu di Sungai Tohor, Tebing Tinggi Timur, Kepulauan Meranti, Riau, Sabtu (13/2/2021). Tahun 2014, selama 3 bulan lahan gambut di sini terbakar. Warga merestorasi lahan gambut dengan menanam tanaman lokal seperti sagu sebagai salah satu upaya ketahanan pangan dan mempertahankan ekosistem lahan gambut.KOMPAS.com / KRISTIANTO PURNOMO Tepung sagu produksi sentra industri sagu di Sungai Tohor, Tebing Tinggi Timur, Kepulauan Meranti, Riau, Sabtu (13/2/2021). Tahun 2014, selama 3 bulan lahan gambut di sini terbakar. Warga merestorasi lahan gambut dengan menanam tanaman lokal seperti sagu sebagai salah satu upaya ketahanan pangan dan mempertahankan ekosistem lahan gambut.

Telur gabus umumnya terbuat dari tepung tapioka atau tepung. Namun, jika kamu ingin teksturnya lebih renyah, baiknya gunakan tepung sagu aren saja. 

Takaran tepungnya bisa disesuaikan dengan resepnya. 

Baca juga: Bedanya Tepung Sagu dan Tepung Tapioka, Kenali Sebelum Bikin Kue

2. Pakai keju cheddar

Telur gabus biasa diberi tambahan keju supaya lebih gurih rasanya. Jika kamu ingin cita rasa kejunya lebih lembut, maka gunakan keju jenis cheddar saja. 

Namun jika ingin rasa kejunya kuat, gunakan keju edam yang diparut. Penggunaan keju juga dapat membuat telur gabus lebih wangi. 

Baca juga: 3 Jenis Keju untuk Membuat Kastengel yang Gurih dan Harum

3. Masukkan adonan ke dalam minyak dingin

Ilustrasi minyak goreng. Ilustrasi minyak goreng.

Ada satu tips menggoreng telur gabus supaya tidak meletus, yakni dengan memasukkan pulungan adonan ke dalam minyak dingin. 

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X