Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Minuman Lokal Sensasi Bir Tanpa Alkohol, Bagaimana Rasanya? 

Kompas.com - 18/11/2022, 17:03 WIB
Silvita Agmasari

Penulis

KOMPAS.com - Produsen makanan dan minuman lokal Rasa Group meluncurkan minuman rasa bir tanpa alkohol yang diberi nama Ramoe. 

"Kami bermaksud menjadikan Ramoe dapat menyatukan semua kategori, kalangan dan golongan konsumen agar semua bisa merasakan kenikmatan yang sama," kata Managing Director Rasa Group, Sherley Ruslie saat acara peluncuran Ramoe di Sial Interfood, JiExpo Kemayoran, Rabu (9/11/2022). 

Sales and Brand Marketing Manager Rasa Group, Jordy Junius, yang hadir di acara sama mengatakan Ramoe diluncurkan melihat tren konsumsi minuman beralkohol yang terus meningkat setiap tahunnya. 

"Tren minuman non-alhokol, wine non-alkohol, dan bir non-alkohol juga meningkat pesat. Oleh karena itu kami meluncurkan Ramoe, juga menyesuaikan pasar Indonesia," kata Jordy.

Baca juga:

Berdasarkan kompssisinya, Ramoe mengandung air berkarbonasi, gula, sari buah anggur, perisa sintetik, pengawet, pengatur keasaman, ekstrak malt barley, pewarna alami, dan pewarna sintetis. 

Meskipun kandungan malt barley juga dapat ditemui di bir alkohol, Jordy menjelaskan pada Ramoe malt barley dibuat jadi ekstrak dan tidak melalui proses fermentasi yang menghasilkan alkohol. 

Ramoe, minuman lokal rasa bir tanpa alkohol. Kompas.com/Silvita Agmasari Ramoe, minuman lokal rasa bir tanpa alkohol.

Malt barley ini juga yang membuat rasa dan aroma Ramoe mirip seperti bir beralkohol karena ada sensasi pahit dan aromanya yang khas. Inilah yang Kompas.com rasakan.

Selain itu tambahan air berkarbonasi memberi efek kejut dari gas pada tenggorokan layaknya bir berlakohol. Rasa Ramoe ini memang mirip bir beralkohol, tetapi sedikit lebih manis.

Jordie mengatakan Ramoe diharapkan juga dapat menjadi campuran bahan minuman lain, misalnya untuk aneka mocktail. 

Saat ini Ramoe baru dijual di distributor minuman di Jakarta, Bali, Bandung, Semarang, dan melalui e-commerce. Satu kaleng ukuran 330 mililiter dijual dengan harga Rp 22.000. 

Baca juga:

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com