Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mesin Sangrai Kopi Lokal Indonesia Ramah UMKM, Simak Keunggulannya

Kompas.com - 18/11/2022, 08:06 WIB
Krisda Tiofani,
Silvita Agmasari

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Kedai kopi di Indonesia semakin menjamur dari tahun ke tahun. Tak pelak, mesin pengolah biji kopi juga menjadi daya tarik bagi banyak orang.

Jenis mesin untuk mengolah biji kopi beragam. Sebelum menjadi minuman, biji kopi harus melewati beberapa proses dengan mesin berbeda, mulai dari sangrai, gilling, hingga seduh.

Penyangraian biji kopi biasa dikenal dengan nama roasting. Coffee roaster machine atau mesin sangrai kopi di Indonesia sebagian besar merupakan produk impor.

Meski begitu, ada juga mesin sangrai kopi lokal alias roaster machine asli Indonesia yang belakangan mulai muncul satu per satu.

Salah satu nama mesin sangrai buatan lokal ini adalah Krone Coffee Roaster. Yonas Jonior dari Krone Coffee Roaster mengatakan, KRONE diambil dari bahasa Perancis yang berarti Mahkota.

Krone Coffee Roaster mulai dirancang pada 2018. Saat itu, Yonas merasa perlu memiliki mesin sangrai kopi untuk membuat produk kopi di bawah PT Sari Ardor Indonesia.

Baca juga:

"Kami bikin sirup namanya Jardin. Produk lokal juga. Sekalian sama kopinya kan, tetapi masih bikin di roastery lain," kata Yonas.

Tingginya permintaan akan produk kopi tersebut membuat Yonas dan tim mulai mempelajari cara menyangrai kopi dan sistem kerja mesinnya.

Yonas kian semangat mempelajari mesin sangrai kopi kala mengikuti workshop yang diadakan oleh Kementerian Riset dan Teknologi Indonesia.

Rancangan Krone Coffee Roaster kemudian tidak berlangsung lama. Akhir 2018, mesin sangrai kopi ini sudah selesai dibuat.

"Baru pada 2019 kami pertama kali launching di Pameran BIFHEX Bandung yang ada di Jalan Sudirman," ujarnya.

Baca juga:

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com