Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Penyebab Kue Sus Berlubang Bawahnya, Penggunaan Api Oven Tidak Tepat

Kompas.com - 03/11/2022, 11:11 WIB
Alma Erin Mentari

Penulis

KOMPAS.com - Sedang ingin membuat kue sus? Perhatikan beberapa hal agar hasilnya tidak gagal. Salah satunya, pada penyebab kue sus yang mana bagian bawahnya berlubang. 

Dilansir dari buku "Sukses Membuat Aneka Kue" (2014) oleh Diah Nimpuno terbitan PT Gramedia Pustaka Utama, simak penjelasan seputar penyebab kue sus mengembang tetapi bagian bawahnya berlubang. 

Baca juga:

1. Penggunaan api bawah terlalu panas

Dalam buku tersebut menjelaskan kalau penggunaan api bawah di oven terlalu panas. Hal seperti ini biasa terjadi pada oven tangkring yang diletakkan langsung di atas api kompor. 

2. Suhu panas tidak merata 

Penyebab dari kue sus memiliki lubang di bagian bawahnya karena suhu panas dalam ruangan oven tidak merata. Umumnya, di industri pastry, oven untuk membuat sus biasa dilengkapi dengan kipas untuk menyalurkan suhu panas agar mengalir ke semua ruangan secara merata. 

Ilustrasi kue sus atau soes. Dok. Shutterstock/Maharani afifah Ilustrasi kue sus atau soes.

Baca juga:

3. Loyang terlalu tipis

Penggunaan loyang yang terlalu tipis juga bisa membuat kue sus berlubang. Oleh karena itu, ketahui cara pilih loyang untuk kue sus yang tepat sebelum membuatnya. Salah satunya, lihat dari ketebalannya. 

4. Loyang tidak diolesi dengan margarin

Loyang yang tidak diolesi dengan margarin juga bisa menjadi penyebab kue sus berlubang bawahnya. Hal ini karena panas loyang langsung menyerap di bagian bawah adonan sus. 

Buku "Sukses Membuat Aneka Kue" (2014) oleh Diah Nimpuno terbitan PT Gramedia Pustaka Utama bisa dibeli di Gramedia.com

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Foodplace (@my.foodplace)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com