Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Cara Kupas Kulit Udang dengan Mudah dan Cepat, Siram Air Panas

Kompas.com - 02/11/2022, 07:36 WIB
Alma Erin Mentari

Penulis

KOMPAS.com - Udang merupakan salah satu jenis seafood yang banyak diolah menjadi aneka masakan. Mulai dari dibakar, digoreng, hingga diolah menjadi isian gorengan. 

Sebelum mengolah udang menjadi menu makanan, kamu perlu mengetahui cara mengupas kulitnya yang mudah. Dilansir dari Buku "Kiat Memasak dan Mengolah Makanan" (2018) oleh E. Novita Penerbit Cempaka Putih, simak tips mengupas kulit udang. 

Baca juga:

1. Siapkan wadah bersih 

Kamu perlu menyiapkan wadah bersih, masukkan udang ke dalamnya. Siram dengan air panas secukupnya hingga warna udang berwarna merah. Buang airnya dan udang siap dikuliti. 

2. Belah punggung udang 

Cara mengupas kulit udang yang kedua adalah belah punggung udang dengan cara dikuliti dengan kedalam tidak lebih sekitar 0,5 cm. 

3. Keluarkan isi perut udang 

Keluarkan isi perut udang yang berada di punggung, bentuknya mirip dengan tali tipis berwarna hitam. Cuci hingga bersih. 

4. Gunakan tusuk gigi

Kamu bisa menggunakan tusuk gigi untuk mengangkat kotoran di punggung udang. Congkel keluar kotoran udang dan pastikan badan udang tetap utuh.

5. Saat merebusnya, gunakan setetes cuka

Setelah mengupas kulit dan membersihkan udang, saatnya mengolah. Jika kamu ingin merebusnya, masukkan setetes cuka ke dalam air rebusan agar warnanya cantik dan tidak bau amis.

Buku "Kiat Memasak dan Mengolah Makanan" (2018) oleh E. Novita Penerbit Cempaka Putih bisa dibeli di Gramedia.com

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Foodplace (@my.foodplace)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com