Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS

4 Oleh-oleh Khas Kota Surabaya, Jangan Sampai Terlupakan

Kompas.com - 17/09/2022, 09:45 WIB
Inang Sh ,
Mikhael Gewati

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Kalau Anda berkunjung ke Surabaya, sebaiknya jangan diam di hotel saja. Sebab, ada banyak agenda menarik yang bisa dilakukan.

Anda bisa mengeksplor kota yang memiliki keragaman budaya dan kuliner, termasuk mencari oleh-oleh khas untuk kerabat atau teman.

Apalagi, oleh-oleh dari kota yang terletak di Pulau Jawa bagian timur ini sangat khas karena tidak dimiliki kota lain.

Nah, berikut rekomendasi oleh-oleh yang bisa Anda bawa dan berikan kepada orang terkasih setelah berkunjung ke Kota Pahlawan, Surabaya.

1. Almond tart

Oleh-oleh khas Surabaya pertama yang patut Anda coba adalah almond tart. Produk terbaru yang diluncurkan Lapis Kukus Pahlawan ini dijamin jadi hadiah spesial.

Baca juga: 15 Kuliner Surabaya yang Terkenal, dari Rawon sampai Rujak Cingur

Jajanan ini hadir dengan beberapa varian isian, yaitu original, keju, cokelat, abon, dan stroberi. Selain itu, almond tart memiliki pinggiran crust yang renyah dan topping yang lumer.

Varian terfavorit almond tart adalah cokelat. Sebab, tart ini berisi cokelat pasta yang melimpah sehingga lumer di mulut. Dipadukan dengan bolu yang lembut, tart ini akan memanjakan setiap panca indera.

2. Lapis Kukus Pahlawan

Pencinta kue lapis tidak boleh lupa membeli Lapis Kukus Pahlawan saat berwisata ke Kota Surabaya. Lapis ini sangat cocok sebagai buah tangan untuk sanak saudara, rekan, teman, hingga pasangan.

Sebagai informasi, lapis kukus merupakan salah satu makanan khas kota Surabaya berbahan baku tepung terigu dan tepung singkong.

Baca juga: Rekomendasi Kuliner Surabaya dari Menteri Pariwisata

Kedua perpaduan bahan baku itu menghasilkan cita rasa yang cukup unik dan menjadi ciri khas Lapis Kukus Pahlawan.

Selain rasanya yang lezat, Lapis Kukus Pahlawan juga memiliki tekstur cukup lembut karena proses pembuatanya dikukus.

Di samping itu, kualitas rasa Lapis Kukus Pahlawan sudah terjamin. Pasalnya, Lapis Kukus Pahlawan merupakan lapis kukus pertama yang hadir di Kota Surabaya dan mendapatkan award selama dua tahun berturut-turut.

Penghargaan itu adalah The Best Oleh-oleh Surabaya dalam ajang Jawa Pos Culinary Awards pada 2017 dan 2018.

Lapis Kukus Pahlawan dengan berbagai variannya menjadi salah satu oleh-oleh khas Surabaya yang wajib dibeli saat berkunjung ke Kota Pahlawan. (DOK. Agrinesia) Lapis Kukus Pahlawan dengan berbagai variannya menjadi salah satu oleh-oleh khas Surabaya yang wajib dibeli saat berkunjung ke Kota Pahlawan.

Rasa yang dihadirkan pun beragam, mulai original, brownies, choco pandan, terang bulan, blackforest, es teler, red velvet, choco cookies, kopi susu gula aren, stroberi, dan chiffon.

Toko Lapis Kukus Pahlawan tersebar di enam titik Kota Surabaya, yakni di Diponegoro, Sidoarjo, Stasiun Genteng, Stasiun Pasar Turi, Gubeng Baru, Berbek Industri.

Baca juga: 15 Tempat Makan di Surabaya yang Terkenal Enak

Halaman:
Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com