Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Itu Whipping Cream, Sering Jadi Topping Kue dan Minuman?

Kompas.com - 14/06/2022, 16:10 WIB
Nuril Laili Azizah,
Silvita Agmasari

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Whipping cream adalah krim dengan kandungan lemak sekitar 36 persen, memungkinkan udara terperangkap saat dikocok, membuat volumenya bertambah dua kali lipat.

Whipping cream butuh dikocok hingga lembut dan ringan, dapat diaduk menggunakan mikser, balloon whisk, atau garpu.

Kandungan lemak yang tinggi pada krim, membuat whipping cream lebih stabil, tahan lama, dan tidak mudah cair saat dijadikan campuran dalam minuman.

Whipping cream biasanya diberi gula (mudah larut dalam krim) dan vanili. Whipped krim yang diberi vanili disebut chantilly cream atau creme chantilly.

Dikutip dari Bbcgoodfood.com, krim kocok mempunyai tekstur lembut dan ringan dibanding produk susu lain.

Baca juga:

Cara membuat whipping cream kaku tahan lama

Crazy Milkshake dari restoran Black Tap Craft Burgers and Beers di Marina Bay Sands Singapura.KOMPAS.com/Lusia Kus Anna Crazy Milkshake dari restoran Black Tap Craft Burgers and Beers di Marina Bay Sands Singapura.

Cara membuat whipping cream tahan lama adalah dengan mengocok heavy cream atau krim lain yang sebelumnya didinginkan di lemari es terlebih dahulu.

Penting juga untuk tidak mengocoknya terlalu berlebihan karena akan menghasilkan krim kasar dan terlalu kaku.

Selain itu kamu bisa membuat whipping cream dengan menambahkan stabilizer seperti gelatin, gum tragacanth, dan putih telur kocok.

Dikutip dari Thespruceeats.com, gula icing juga  bisa ditambahkan untuk mengeraskan campuran dan mengurangi resiko terlalu lama dikocok.

Selama persiapan, saat krim mulai bertambah volumenya, bahan-bahan seperti gula dan perasa dapat ditambahkan. Ketika krim hampir dua kali lipat volumenya, berhenti untuk mengocok.

Whipping cream digunakan untuk topping dessert dan minuman seperti pai, es krim sundae, cupcake, puding coklat, salad buah, scone.

Sementara untuk topping minuman biasanya ada pada milkshake, coklat panas, caffe latte, dan es kopi.

Baca juga:

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Foodplace (@my.foodplace)

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com