Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa itu Minyak Zaitun, Alternatif Minyak Goreng Sawit?

Kompas.com - 31/05/2022, 14:10 WIB
Nuril Laili Azizah,
Silvita Agmasari

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Minyak zaitun adalah minyak yang berasal dari konsentrat lemak, diperoleh dari proses pemerasan buah zaitun.

Buah zaitun dihancurkan menjadi pasta, dimasukkan melalui proses sentrifugasi (membentuk endapan dan menyisakan cairan) untuk memisahkan minyaknya.

Setelah itu hasil pemisahan minyak tersebut disimpan dalam tangki stainless steel yang terhindar dari sinar matahari dan oksigen.

Pada proses akhir minyak zaitun harus dimasukkan pada botol kaca gelap agar tetap sehat.

Baca juga:

Menurut artikel pada Everydayhealth.com, minyak zaitun memiliki kandungan lemak tak jenuh, kalsium, kalium, natrium serta vitamin E dan K.

Minyak zaitun atau olive oil baik bagi kesehatan jantung, sebagai antiinflamasi, dapat meningkatkan fungsi pembuluh darah, dan kolesterol. 

Minyak zaitun mempunyai berbagai tingkat perbedaan kualitas. Minyak terbaik adalah campuran dari minyak buah zaitun merah yang tidak sepenuhnya matang dengan sedikit buah zaitun hijau.

Buah zaitun diproses dengan teknik cold-pressing serta bebas bahan kimia hanya menggunakan tekanan. Menghasilkan minyak zaitun berkualitas tinggi, rasa yang lebih kuat dan keasaman lebih rendah.

Baca juga:

Kamu dapat menilai minyak zaitun berkualitas baik, melalui tingkat keasaman kurang dari nol koma delapan persen hingga dua persen dan bebas asam oleat.

Dikutip dari Thekitchn.com, bebas asam oleat menunjukkan sejauh mana lemak telah dipecah menjadi asam lemak.

Terdapat lima jenis minyak zaitun yang beredar di pasaran yaitu minyak zaitun extra-virgin (extra virgin olive oil), minyak zaitun virgin (virgin olive oil), minyak zaitun light (light olive oil), dan minyak zaitun murni (pure olive oil).

Minyak zaitun merupakan salah satu minyak sehat dengan rasa relatif netral, serbaguna untuk berbagai makanan seperti salad dressing, pasta dan untuk menggoreng, menumis, serta membuat kue.

Baca juga:

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Foodplace (@my.foodplace)

 
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com