Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Cara Bikin Kue Lapis Tepung Beras Kenyal dan Mudah Dipotong

Kompas.com - 15/03/2022, 10:09 WIB
Alma Erin Mentari

Penulis

KOMPAS.com - Ada banyak kue tradisional khas Indonesia yang bisa kamu coba buat di rumah. Salah satunya, kue lapis tepung beras.

Tampilannya yang menarik karena berlapis dengan warna cerah ini cukup menarik mata.

Cara membuat kue lapis tepung beras tidak sulit. Ada cara bikin kue lapis tepung beras agar kenyal, mudah dipotong, dan lapisannya tersusun rapi.

Dihubungi oleh Kompas.com, Gatot Susanto selaku Corporate Chef Parador Hotel & Resorts membagikan cara bikin kue lapis tepung beras yang kenyal berikut ini.

Baca juga:

1. Gunakan tepung sagu

Dalam penuturannya, Chef Gatot mengatakan kalau membuat kue lapis tepung beras hanya dengan menggunakan tepung beras saja. Maka hasilnya akan padat.

“Itu kalau bikinnya hanya pakai tepung beras saja, hasilnya akan padat atau sedikit keras. Makanya, perlu menambahkan tepung sagu pada adonan.” ungkapnya kepada Kompas.com pada Senin (14/03/2022).

Cara membuat kue lapis tepung beras dengan menambahkan tepung sagu. Chef Gatot menyarankan untuk menggunakan sekitar 75:25 antara tepung beras dengan tepung sagu.

Selain penggunaan tepung sagu, kamu juga perlu memerhatikan penggunaan tepung beras. 

Chef Gatot menyarankan untuk menggunakan tepung beras yang digiling hingga halus betul untuk membuat kue lapis tepung beras yang lembut.

2. Penggunaan tepung kanji

Tepung kanji atau tepung tapioka juga bisa kamu gunakan sebagai tambahan pada adonan kue lapis yang akan kamu buat.

Chef Gatot mengatakan kalau bisa menggunakan tepung kanji agar hasil dari kue lapis tepung beras buatanmu kenyal.

“Bisa banget itu pakai tepung kanji. Takaran yang bisa dipakai itu sekitar 60:40 dengan tepung beras. Jadi, nanti hasilnya lebih kenyal dan lembut.” tuturnya.

Baca juga:

3. Gunakan santan kental

Salah satu bahan kue lapis tepung beras adalah santan. Menurut Chef Gatot, penggunaan santan untuk kue lapis adalah santan kental.

“Tetapi santan yang sebaiknya digunakan adalah santan kental hasil perasan sendiri, bukan yang instan. Itu kalau saya, karena memang senang menggunakan bahan yang alami.” katanya.

Hanya saja, kamu perlu memastikan tekstur dari santan kental yang akan kamu gunakan. Pasalnya, santan yang terlalu kental justru bisa membuat kue lapis tepung beras lebih berminyak.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com