Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Resep Kue Lapis Tepung Beras untuk Jualan, Kenyal dan Lapisan Melekat

Kompas.com - 18/11/2021, 20:09 WIB
Alma Erin Mentari

Penulis

KOMPAS.com - Kue lapis tepung beras merupakan jajanan basah yang biasanya dijual di pedagang aneka kue dan jajanan tradisional.

Cara membuat kue lapis tepung beras tidak sulit. Namun, kamu perlu kesabahan ekstra untuk membuat lapis kue dari tepung beras yang satu ini.

Melansir dari buku “500 Resep Kue & Masakan yang Paling Diminati Koleksi Khursus Ny. Liem” (2017) oleh Chendawati terbitan PT Gramedia Pustaka Utama, ada resep kue lapis tepung beras untuk camilan jadul favorit semua orang.

Baca juga:

Resep kue lapis tepung beras

Bahan I:

  • 250 gram tepung beras
  • 65 gram tepung tapioka
  • 250 gram gula pasir
  • 12 sdt garam
  • 1 sdm air kapur sirih
  • 2 sdt Ny.Liem vanilla cream

Bahan II:

  • 900 ml santan kental dari 1 butir kelapa

Bahan III:

  • Ny.Liem pasta pandan secukupnya
  • Ny.Liem pewarna merah muda secukupnya

Cara membuat kue lapis tepung beras

  1. Bahan: Siapkan wadah bersih, tambahkan tepung beras ke dalamnya. Campurkan tepung tapioka, gula pasir, garam, dan air kapur sirih, dan vanili bubuk. Aduk-aduk menjadi satu bagian. Tuang bahan II sedikit demi sedikit sambil terus diaduk. Aduk adonan hingga licin dan tidak berbutir.
  2. Bagi adonan menjadi tiga bagian, masing-masing beri pasta pandan dan pewarna merah muda, satu adonan lagi biarkan berwarna putih.
  3. Siapkan loyang ukuran apa saja, bisa juga dengan menggunakan loyang ukuran 24x24x6 cm. Olesi loyang dengan sedikit minyak. Panaskan ke dalam panci pengukus. Tuang adonan di masing-masing loyang secara bergantian selama 10 menit atau hingga matang. Lakukan hal yang sama hingga adonan habis.
  4. Angkat dan biarkan agar dingin, potong-potong dan sajikan.

Buku “500 Resep Kue & Masakan yang Paling Diminati Koleksi Khursus Ny. Liem” (2017) oleh Chendawati terbitan PT Gramedia Pustaka Utama bisa dibeli di Gramedia.com.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Foodplace (@my.foodplace)

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com