Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Kemas Combro Frozen, Aman Dikirim ke Luar Kota

Kompas.com - 01/03/2022, 11:04 WIB
Lea Lyliana

Penulis

KOMPAS.com - Combro kini dapat dijual sebagai produk frozen food. Selama dikemas dengan benar combro frozen aman dikirim ke luar kota. 

Cara mengemas combro frozen gampang-gampang susah. Sebab harus benar-benar kedap udara agar combro tidak basi selama pengiriman. 

Baca juga:

Berikut cara aman mengemas combro frozen agar dapat dikirim ke luar kota. 

Ilustrasi combro yang baru diangkat dari penggorengan. SHUTTERSTOCK/ Astarik Ilustrasi combro yang baru diangkat dari penggorengan.

1. Bekukan dulu 

Sebelum dikemas combro dapat dibekukan terlebih dulu. Dalam penggunaannya, biasanya dipakai combro yang belum digoreng atau sudah digoreng setengah matang. 

Pastikan combro yang hendak dibekukan sudah dalam kondisi dingin agar tidak basi. Selanjutnya, cukup masukkan combro tersebut di dalam wadah lalu bekukan. 

Baca juga:

2. Pakai vakum pack

Pemilik usaha Combro Maknyusss, Chelsia kepada Kompas.com mengatakan bahwa ia biasa mengemas combronya menggunakan vakum pack.

Penggunaan vakum pack dapat membuat kemasan combro kedap udara sehingga tidak cepat basi. 

"Untuk yang frozen sekarang kita pakai vakum pack, jadi kita make sure enggak ada udara di dalamnya, jadi kedap kan. Kan kalau tidak kedap kan lebih banyak bakteri berkembang ya," jelasanya, Sabtu (26/02/2022). 

Baca juga:

Ilustrasi combro. Dok. Shutterstock/Ratih Ra Ilustrasi combro.

3. Gunakan styrofoam

Gunakan menjaga ketahanannya, combro frozen harus diseal lalu kemas pakai styrofoam. Tak lupa bungkus pula dengan bubble wrap untuk menimimalisir guncangan saat pengiriman. 

"Jadi kita sudah vakum pack semua. Semua di seal rapi, jadi kita pastiin combronya benar-benar beku, terus kita styrofoam dan bubble wrap, jadi benar-benar kedap," pungas Chelsia.

Baca juga: 3 Cara Hangatkan Combro agar Empuk dan Renyah Kembali

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Foodplace (@my.foodplace)

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com