Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Jenis Pangan dari Kedelai, Bukan Cuma Tempe dan Tahu

Kompas.com - 24/02/2022, 11:11 WIB
Suci Wulandari Putri Chaniago,
Yuharrani Aisyah

Tim Redaksi

KOMPAS.COM - Kedelai merupakan salah satu komoditas pertanian yang banyak diproduksi oleh industri pangan dan rumah tangga di Indonesia.

Selain enak dan mudah ditemui, kedelai juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Hal ini karena kedelai termasuk bahan pangan yang kaya nutrisi.

Ada berbagai jenis olahan pangan berbahan dasar kedelai. Berikut enam pangan olahan kedelai dikutip dari buku "Kiat Cerdas Wirausaha Aneka Olahan Kedelai" (2012) karya Emil Salim yang diterbitkan oleh Lily Publisher:

Baca juga:

1. Tahu

Ilustrasi tahu yang terbuat dari kedelaiDok. Pexels/ Polina Tankilevitch Ilustrasi tahu yang terbuat dari kedelai

Tahu merupakan salah satu bahan pangan berbahan dasar kedelai yang sudah familier bagi masyarakat Indonesia. 

Ada banyak olahan tahu di pasaran yang bisa ditemui, seperti tahu putih (mentah), tahu kuning, tahu goreng, tahu sumedang, tahu bulat, dan lain-lain.

Di Indonesia, tahu sudah menjadi bahan baku olahan yang sering digunakan untuk berbagai menu, seperti tahu bakso, siomay, tahu goreng, tahu genjrot, gado-gado, dan aneka camilan kerupuk tahu.

2. Tempe

Ilustrasi tempe menggunakan bahan baku kedelaiDok. Pexels/ Cotton bro Ilustrasi tempe menggunakan bahan baku kedelai

Tempe mengadung kadar protein yang cukup tinggi, sehingga dapat menjadi menu alternatif untuk mengganti kebutuhan protein dari daging yang harganya cukup mahal. 

Selain harganya yang murah dan rasanya enak, tempe termasuk olahan kedelai yang mudah dicerna, sehingga bisa dikonsumsi oleh siapapun, mulai dari balita hingga lansia. 

Ada banyak produk olahan tempe yang kerap ditemui di pasaran, sepert keripik tempe, tempe bacem, tempe mendoan, tempe goreng,  orak arik tempe, dan lain-lain.

Baca juga:

3. Susu Kedelai

Susu kedelai banyak dikenal sebagai alternatif susu sapi. Tak sekadar sebagai pengganti, manfaat susu kedelai untuk kesehatan juga tak boleh disepelekan.FREEPIK/JCOMP Susu kedelai banyak dikenal sebagai alternatif susu sapi. Tak sekadar sebagai pengganti, manfaat susu kedelai untuk kesehatan juga tak boleh disepelekan.

Susu kedalai ialah produk minuman berbahan dasar biji kedelai yang terkenal kaya nutrisi. Susu kedelai mengandung protein, lemak, karbohidrat, kalsium, fosfor, zat besi, provitamin A, Vitamin B kompleks (kecuali B 12), dan air.

Susu kedelai kerap menjadi pilihan sebagian masyarakat karena harganya lebih murah dibanding susu hewani.

Kedelai yang digunakan untuk pembuatan susu kedelai dipilih dari varietas yang sesuai, yaitu berbiji kuning, kadar protein tinggi, dan intensitas langu rendah. 

Beberapa varietas kedelai yang biasa diolah menjadi susu kedelai yaitu Bromo, Anjasmoro, Kaba, SHR-W60, Detam-1.

4. Kecap

Ilustrasi kecap inggris.DOK.SHUTTERSTOCK/KAI KEISUKE Ilustrasi kecap inggris.

Kecap yang digunakan untuk bahan masakan sehari-sehari terbuat dari olahan biji kedelai. Terdapat dua jenis kecap berdasarkan cita rasanya, yaitu kecap manis dan kecap asin.

Konsentrasi kecap manis biasanya lebih kental dibanding kecap asin. Kecap asin terbuat dari kedelai dengan komposisi garam yang lebih banyak.

Kecap umumnya menggunakan bahan dasar kedelai hitam atau kuning, selain itu juga bisa menggunakan air kelapa atau ampas padat dari pembuatan tahu.

Beberapa varietas kedelai yang digunakan untuk membuat kecap yaitu Merapi, Cikuray, Malika, Detam-1 dan Detam-2. 

Baca juga:

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com