Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Tradisional Membuat Bebek Peking Panggang, Butuh Waktu 3 Hari

Kompas.com - 23/02/2022, 16:06 WIB
Yuharrani Aisyah

Penulis

KOMPAS.com - Bebek peking panggang merupakan sajian khas China. Durasi memasak bebek peking panggang otentik membutuhkan waktu sekitar tiga hari.

Pasalnya, bebek peking perlu digantung di ruang terbuka selama satu malam.

Keistimewaan lain dari bebek peking panggang tradisional adalah memasaknya menggunakan oven terbuka berbahan bakar kayu.

Baca juga:

Ilustrasi bebek peking digantung agar kering. SHUTTERSTOCK/FRANSISCO LITTLE Ilustrasi bebek peking digantung agar kering.

Cara masak bebek peking panggang otentik

Menurut China Highlights, bebek peking yang digunakan berwarna putih dengan kualitas unggul. Bebek ini biasanya diberi makan sampai berat satu bebek mencapai tiga kilogram. 

Pada hari pertama, bebek dikeluarkan isi perutnya kemudian dicuci sampai bersih. Tulang leher bebek haru dibuang tanpa merusak kulitnya. Selanjutnya, bebek digantung semalam semalam sampai kering.

Ilustrasi bebek peking dilumuri glasir agar mengilap. SHUTTERSTOCK/GECKO STUDIO Ilustrasi bebek peking dilumuri glasir agar mengilap.

Pada hari kedua, saatnya memberikan suntikan udara di antara kulit dan daging bebek. Cara ini bertujuan membuat kulit bebek mengilap.

Kemudian, bebek dilumuri glasir biasanya terbuat dari campuran madu dan air agar makin mengilap, dilanjutkan dengan menggantung bebek lagi sampai kering.

Tiba pada hari ketiga, bebek dipanggang di dalam oven batu bata berbahan kayu selama sekitar 40 menit.

Kayu yang digunakan pun tidak sembarangan melainkan berasal dari cabang pohon buah aromatik seperti pir, persik, atau kurma. Kayu dari pohon ini tidak menghasilkan banyak asap sehingga proses masaknya seperti slow cooking.

Bebek peking panggang yang dihasilkan pun kulitnya mengilap, renyah, dan berwarna merah. Sementara, rasanya akan seperti asal kayu yang digunakan yaitu cenderung seperti buah-buahan.

Baca juga:

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com