Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Cara Membuat Mousse Cake agar Tidak Meleleh, Set Sempurna

Kompas.com - 09/02/2022, 16:03 WIB
Alma Erin Mentari

Penulis

KOMPAS.com - Mousse cake merupakan dessert lembut biasanya ada di kafe mewah. Seperti namanya, mousse yang dalam bahasa Perancis berarti busa.

Makanan penutup ini memiliki tekstur lembut. Ada cara membuat mousse cake padat lembut yang bisa kamu ikuti.

Selain itu, tektur dari mousse cake tidak mudah meleleh. Dilansir dari buku “25 Resep Kue Paling Diminati - Mousse Cake Mini” (2013) oleh Dapur Anissa terbitan PT Gramedia Pustaka Utama, ketahui tips membuat mousse cake agar set sempurna.

Baca juga:

1. Gunakan cetakan khusus mousse cake

Dalam buku tersebut menyebutkan kalau membuat mousse cake perlu cetakan. Kamu bisa menggunakan cetakan dari bahan karet atau silikon agar mousse cake mudah dikeluarkan.

Selain itu, pastikan kamu tidak mengeluarkan mousse cake saat teksturnya masih lembek. Hal tersebut agar bentuk dari mousse cake tidak rusak.

2. Cara siram cokelat leleh

Kalau kamu ingin membuat chocolate mousse cake, ada tips menyiramkan cokelat lelehnya. Caranya adalah tunggu hingga mousse agak dingin agar mousse cake tidak meleleh.

3. Kocok krim sampai mengental

Kamu hanya perlu mengocok whipped cream sampai mengental saja, tidak perlu sampai kaku. Hal ini agar whipped cream mudah dicampurkan dengan bahan lainnya.

Baca juga:

4. Cara gunakan gelatin lembaran

Salah satu bahan membuat mousse adalah gelatin. Kalau kamu ingin menggunakan gelatin lembaran, sebaiknya rendam gelatin dengan air es hingga lunak.

Setelah itu, tim gelatin hingga meleleh.

5. Gunakan loyang ring untuk mousse cake

Kalau kamu tidak memiliki cetakan khusus untuk membuat mousse cake. Kamu bisa menggunakan loyang ring ukuran kecil dari alumunium.

Cetakan tersebut memudahkanmu mengeluarkan mousse.

6. Simpan adonan di lemari es

Kalau mousse cake sudah dicetak atau dibentuk, baiknya simpan adonan di lemari es, terutama freezer. Simpan hingga mousse cake mengeras.

Baca juga:

Buku “25 Resep Kue Paling Diminati - Mousse Cake Mini” (2013) oleh Dapur Anissa terbitan PT Gramedia Pustaka Utama bisa dibeli di Gramedia.com.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Foodplace (@my.foodplace)

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com