Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Cara Rawat Kompor Gas agar Awet dan Api Tetap Biru

Kompas.com - 08/02/2022, 13:04 WIB
Lea Lyliana

Penulis

KOMPAS.com - Merawat kompor gas merupakan salah satu cara untuk menjaga ketahanannya. Selain itu, kompor gas yang dirawat dengan tepat apinya pun akan tersebut biru. 

Cara merawat kompor gas tidak cukup dengan membersihkannya. Ada beberapa hal lain yang perlu dilakukan supaya kompor gas awet. 

Baca juga:

Dilansir dari "1001 Tip Seputar Dapur Sehat, Hemat Dan Kreatif" (2020) oleh Aphrodittaa M. Shanty terbitan Andi Publisher berikut cara merawat kompor gas dengan benar. 

Kompor gas memiliki komponen lebih banyak banyak daripada kompor listrik.Unsplash/Kwon Junho Kompor gas memiliki komponen lebih banyak banyak daripada kompor listrik.

1. Bersihkan tungku setelah masak 

Setelah selesai memasak, tungku kompor harus segera dibersihkan. Caranya, lap seluruh bagian dengan teliti kemudian sikat sela-selanya dengan sikat plastik. 

Atau, bisa juga memakai cairan pembersih khusus untuk kompor. Tak lupa, bersihkan pula badan kompor agar kotorannya tidak mengerak. 

Baca juga:

2. Lap berulang 

Sisa minyak yang ada pada tungku dan badan kompor harus dibersihkan dengan cara dilap berulang. Pertama, lap menggunakan kertas bekas kemudian lap lagi pakai kain bersih. 

3. Bersihkan secara berkala

Ilustrasi membersihkan kompor gas.SHUTTERSTOCK/ZENZETA Ilustrasi membersihkan kompor gas.

Kompor gas harus dibersihkan secara berkala agar tetap awet. Hal ini perlu dilakukan sekalipun kompornya jarang dipakai. 

Saat dibersihkan, lepas masing-masing komponen agar lebih mudah menjangkau debu dan kotorannya. 

Baca juga:

4. Periksa regulator 

Regulator gas perlu diperiksa secara berkala untuk memastikan keamanannya. Pastikan regulator terpasang dengan benar agar aman saat digunakan itu.

Baca juga:

Selain itu, pastikan pula tekanannya berada pada posisi low pressure untuk meminimalisir risiko ledakan dan api tetap biru.

Buku "1001 Tip Seputar Dapur Sehat, Hemat Dan Kreatif" (2020) oleh Aphrodittaa M. Shanty terbitan Andi Publisher dapat dibeli online di Gramedia.com

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Foodplace (@my.foodplace)

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com