Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 04/02/2022, 09:09 WIB
Lea Lyliana

Penulis

KOMPAS.com - Bawang putih dapat memberi rasa gurih dan aroma khas pada hidangan.

Dalam penggunaannya umumnya bawang putih diiris, dihaluskan, maupun digeprek terlebih dulu. Namun pemakaiannya disesuaikan dengan resep. 

Lantas, sebetulnya mengapa bawang putih perlu digeprek? Berikut penjelasan ringkasnya melansir dari The Spruce Eats.

Baca juga:

Kenapa bawang putih perlu digeprek?

Umbi bawang putih mengandung sel-sel kecil yang dikenal dengan sebutan metil alildisulfida. Zat tersebut berbahan dasar belerang yang cukup tajam.

Jika digeprek atau dihancurkan, umbi bawang putih akan mengeluarkan sel tersebut dan melepaskan cairan alaminya. Hal ini yang membuatnya rasa dan aromanya semakin kuat.

Secara umum, manfaat bawang putih untuk wajah didukung karena sifat anti jamur, anti penuaan, dan anti inflamasi, serta kemampuannya membantu menghaluskan kulit.FREEPIK Secara umum, manfaat bawang putih untuk wajah didukung karena sifat anti jamur, anti penuaan, dan anti inflamasi, serta kemampuannya membantu menghaluskan kulit.

Walau telah dihancurkan atau digeprek tapi bawang putih masih memiliki sisa enzimnya.  Itulah sebabnya bawang putih yang digeprek atau dihaluskan memiliki aroma dan rasa yang lembut.

Pada dasarnya semakin kecil potongan bawang putih maka makin kuat pula rasanya. Sebab semakin banyak minyak alami dari bawang putih yang keluar.

Baca juga:

Cara geprek bawang putih

Ada cara menggeprek bawang putih agar aromanya lebih kuah. Salah satunya dengan memakai pisau datar.

Mengutip laman BBC Good Food, untuk menggepreknya ambil satu siung bawang putih dari bonggolnya kemudian letakkan di talenan.

Gunakan tumit untuk memukul bagian datar pada pisau agar bawang putih hancur.

Ilustrasi mengupas bawang putih menggunakan pisau. SHUTTERSTOCK/NUTTHAPONGT Ilustrasi mengupas bawang putih menggunakan pisau.

Jika tak ada pisau datar, kamu dapat memanfaatkan garpu. Untuk menggunakannya letakkan bawang putih di telenan lalu tempatkan ujung garpu di atasnya.

Kemudian, tekan bawang putih sampai agak hancur. Lalu putar dan sapu garpu agar tidak ada bawang putih yang menempel. Selanjutnya, tekan lagi menggunakan jari atau tumit.

Baca juga: Resep Ayam Goreng Bawang Putih, Cukup 6 Bahan

Bawang putih yang telah digeprek dapat diiris tipis atau dicincang. Penggunaannya bisa disesuaikan dengan masakan yang dibuat.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Foodplace (@my.foodplace)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com