Kompas.com - 12/04/2021, 19:13 WIB
Ilustrasi bawang putih kupas. PEXELS/ Cats ComingIlustrasi bawang putih kupas.
Penulis Lea Lyliana
|

KOMPAS.com - Cara mencincang bawang putih untuk membuat baceman atau minyak bawang cukup sederhana. Namun jika ingin lebih cepat, ada trik khusus yang harus diikuti.

Selain itu, cara mencincang bawang putih yang benar juga dapat membuat aromanya lebih keluar. Wangi bawang putih yang sedap bisa membuat makanan lebih nikmat saat disantap. 

Berikut cara mencicang bawang putih dengan cepat dilansir dari Serious Eats dan Food Network

Baca juga: Cara Kupas Bawang Putih yang Mudah dan Cepat, Ini Kata Chef

1. Lepas dari bongkolnya

Bawang putih dilapisi oleh bongkol atau kulit luar yang cukup keras. Untuk membukanya, masukkan pisau ke dalam lekukan kecil di bagian luar bongol lalu putar pisaunya.

Metode ini dapat membuat siuangan bawang putih terlepas, sehingga mudah diambil dan dipisahkan. 

2. Geprek bawang putih

Ilustrasi mengupas bawang putih menggunakan sisi pisau. SHUTTERSTOCK/BOONCHOKE Ilustrasi mengupas bawang putih menggunakan sisi pisau.

Cara cepat mengupas bawang putih ialah dengan menggepreknya. Tata bawang putih di atas telenan lalu tekan menggunakan permukaan pisau sampai kulitnya terlepas. 

Baca juga: Tips Kupas Bawang Putih dari Chef Hotel, Praktis dan Cepat

Bersihkan bawang putih dari sisa kulit yang masih menempel supaya lebih mudah saat disimpan. 

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X