Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Cegah Pisang Cepat Busuk, Warna Tetap Cerah dan Buah Segar

Kompas.com - 11/01/2022, 20:28 WIB
Suci Wulandari Putri Chaniago,
Silvita Agmasari

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Buah pisang yang sudah dikupas jika dibiarkan terkena udara akan berubah warna menjadi kecoklatan. Perubahan warna ini disebut dengan proses oksidasi.

Dikutip dari Masterclass, pisang mengandung enzim polifenol oksidase, enzim ini lah yang nantinya akan menunjang proses oksidasi saat pisang berinteraksi dengan oksigen.

Proses oksidasi ini tidak hanya terjadi pada isi pisang saja, namun juga pada kulit buah pisang. 

Selain berubah warna, tekstur pisang yang mengalami oksidasi pun akan mudah lembek dan bisa cepat busuk apabila tidak segera dimakan.

Baca juga:

Cara menjaga agar pisang tidak mudah busuk

Supaya pisang yang baru dibeli tetap segar selama seminggu, simpanlah pisang di tempat yang jauh dari buah yang mengandung etilen.

Etilen merupakan gas yang dikeluarkan oleh beberapa jenis buah sehingga mempercepat proses pematangan. Gas etilen biasanya ada pada buah alpukat, apel, dan persik.

Selain itu kamu bisa menggantung pisang supaya mencegah kulit pisang menjadi memar karena bersentuhan dengan benda lain. Kulit pisang yang memar akan lebih cepat berubah warna menjadi coklat. 

Baca juga:

3 cara cegah pisang cepat matang

Pisang yang sudah terpisah dari batangnya memang mengalami proses pematangan lebih cepat, namun hal itu bisa dicegah dengan beberapa cara berikut:

1. Tetap gunakan bungkus plastik

Saat membeli seikat pisang biasanya pisang akan dibungkus menggunakan plastik. Apabila pisang tidak akan dimakan dalam waktu dekat, sebaiknya jangan lepaskan plastik yang melilit  pisang.

Plastik yang melilit pisang dapat mencegah gas etilen terlepas dari buah. Apabila tandan pisang tidak tertutup plastik saat membeli, sebaiknya tambahkan plastik supaya mencegah pisang cepat matang.

2. Tambahkan asam sitrat

Ilustrasi Buah PisangDok. Pexels/ SHVETS production Ilustrasi Buah Pisang

Apabila pisang sudah terlanjut terkupas, kamu tetap bisa mencegah pisang cepat matang dengan menambahkan asam sitrat.

Asam sitrat berperan untuk mengawetkan pisang, sehingga pisang tidak akan cepat matang. Asam sitrat dapat diperoleh dari perasan jeruk nipis, jus nanas, dan jus jeruk. 

Caranya campurkan asam sitrat dan air dengan takaran perbandingan dua banding satu, kemudian semprotkan di atas buah pisang.

Setelah itu simpan pisang di dalam wadah tertutup sampai pisang dikonsumsi kembali.

3. Jauhkan dari sinar matahari langsung

Pisang yang terkena paparan matahari langsung dapat menaikkan suhu pisang, sehingga akan membuat pisang lebih cepat matang. 

Sebaiknya simpan pisang di tempat sejuk dan jauh dari paparan sinar matahari langsung.

Baca juga:

 

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com