Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
PAREKRAF

Enggak Kalah dari Luar Negeri, Ini 8 Superfood Asli Indonesia

Kompas.com - 11/12/2021, 09:19 WIB
Hotria Mariana,
Sri Noviyanti

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Indonesia memiliki banyak bahan makanan yang masuk ke dalam kategori superfood dan terbilang mudah didapat dengan harga murah.

Peningkatan kesadaraan masyarakat akan kesehatan mendorong terciptanya gaya hidup serupa. Hal ini bisa terlihat dari pola makan mereka yang cenderung memilih superfood.

Bicara superfood, Indonesia sebenarnya memiliki banyak sekali bahan makanan yang termasuk ke dalam kategori tersebut. Namun, sepertinya masyarakat belum mengetahui fakta menarik ini.

Praktisi kuliner Ade Putri mengatakan, superfood merupakan bahan makanan yang kaya akan vitamin dan antioksidan. Karena itu, banyak pihak gencar mempromosikan kelompok pangan ini.

Indonesia sendiri, lanjut Ade, memiliki banyak bahan makanan yang kaya akan nutrisi. Bahkan, beberapa superfood Indonesia juga sebenarnya mudah sekali ditemui dan sudah sering dikonsumsi. Itu berarti, masyarakat bisa memanfaatkan kekayaan tersebut untuk mendukung pola hidup sehat.

“Saat ini manusia sangat membutuhkan antioksidan dan berbagai multivitamin untuk menjaga kesehatan. Manfaat ini bisa ditemukan pada superfood. Sebenarnya banyak sekali superfood asli Indonesia. Contohnya, sorgum, kunyit, pegagan, kelor, manggis, tempe, dan mengkudu,” paparnya dalam keterangan yang diterima Kompas.com, Jumat (3/12/2021).

Terkait peningkatan kesadaran masyarakat akan kesehatan, Ade pun meyakini hal tersebut akan turut menggaungkan superfood asli Indonesia. Apalagi, berbagai media asing juga ramai memberitakan healthy lifestyle dan konsumsi superfood.

“Sekarang juga bisa dilihat banyak produk superfood dijual di pasar swalayan atau toko kesehatan di Indonesia. Selain itu, muncul pula bumbu-bumbu atau bahan makanan sehat seiring dengan tingginya gaya hidup sehat yang mulai banyak dilakukan oleh masyarakat,” tuturnya.

Baca juga: 8 Superfood Khas Indonesia Kaya Manfaat

Nah, berikut ini beberapa superfood khas Indonesia yang kaya manfaat.

1. Tempe

Tempe merupakan superfood khas Indonesia yang sedang naik daun. Bahan makanan ini dilirik banyak pegiat plant based karena kandungan nutrisi dan cara pengolahannya yang mudah. Bahkan, mereka menjadikan tempe sebagai menu vegetarian untuk menggantikan protein hewani.

Tempe sendiri merupakan hasil fermentasi kacang kedelai dengan jamur Rhizopus oligosporus (ragi tempe). Proses tersebut menambah kaya rasa tempe dan membuatnya mudah dicerna.

Untuk nutrisi, tempe mengandung isoflavon yang membantu menurunkan kolesterol jahat dan melawan radikal bebas. Superfood ini juga kaya kalsium dengan kadar yang tak kalah dari susu.
Itu berarti, tempe bermanfaat untuk meningkatkan kepadatan tulang dan mencegah osteoporosis.

2. Sukun

Bagi milenial, sukun mungkin agak kurang familier. Padahal, buah ini termasuk salah satu superfood lokal yang punya nutrisi lengkap di antaranya karbohidrat dan serat.

Selain itu, sukun merupakan sumber protein nabati yang dilengkapi antioksidan. Berbagai vitamin, kalsium, dan zat besi juga terdapat dalam buah tersebut.

Sukun kerap dihidangkan pada olahan sayur, tapi ada juga yang mengolahnya sebagai camilan atau pengganti nasi.

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com