Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

SMK Tata Boga Bisa Dapatkan Buku Kuliner Ciptaan Ikatan Praktisi Kuliner Indonesia

Kompas.com - 25/11/2021, 15:03 WIB
Krisda Tiofani,
Yuharrani Aisyah

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Association of Culinary Professionals (ACP) atau Ikatan Praktisi Kuliner Indonesia mendonasikan 1.000 buku bertajuk "Buku Pengetahuan Dasar Kuliner Seri 1" untuk Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dan perguruan tinggi di Indonesia.

Buku yang diluncurkan pada Rabu (24/11/2021) ini merupakan salah satu bentuk perwujudan impian ACP yang diberikan sebagai sumbangsih untuk dunia kuliner Indonesia.

"Kita tidak bisa jual. Jadi memang kita bikin khusus hanya untuk kita donasikan ke dunia pendidikan sebenarnya. Kita utamakan dunia pendidikan dulu deh, SMK, mungkin perguruan tinggi," kata Chef Stefu Santoso, Advisor ACP dalam acara peluncuran buku "Buku Pengetahuan Dasar Kuliner Seri 1" di bilangan Jakarta Selatan.

"Tidak hanya di SMK tetapi juga untuk mendukung Indonesia Spice Up The World mungkin ke beberapa diplomat di luar negeri yang masak makanan Indonesia segala macam, bisa ke situ," sambungnya.

Menurut Stefu, buku yang sudah disiapkan selama lima tahun tersebut sudah merangkum pengetahuan dasar umum seputar kuliner.

"Intinya kita fokus ke akar pengetahuannya, bukan ke resep. Kita gak fokus ke resep, kalau pun nanti sampai ke resep, di kepala saya waktu itu resepnya sederhana saja," tutur Stefu.

"Jadi di dalamnya ada tentang basic food safety, terus tentang pengetahuan alat masak, jenis pisau, terus kemudian struktur karir seorang chef itu seperti apa," kata Stefu.

Stefu menuturkan, pengetahuan kuliner memiliki cakupan yang luas dan terus berkembang setiap saat. Buku tersebut bisa digunakan untuk menambah informasi di luar buku pelajaran sekolah.

"Simpelnya gini, kita donasikan, kita persembahkan ini untuk sekolah, silakan dipakai, semoga bermanfaat. Barangkali ada yang terlewat atau mungkin ada yang belum tersampaikan, jadi bisa menambah," jelasnya.

Baca juga:

Terbuka untuk semua SMK

SMKN 5 Ambon merupakan sekolah pertama yang sudah menerima buku ini, diikuti dengan SMKN 1 Papua dan sejumlah SMK lainnya di Jakarta, seperti SMKN 30 Jakarta, SMKN 38 Jakarta, SMK Yaspia, SMKN 37 Jakarta, dan SMKN 24 Jakarta.

Ratusan buku "Buku Pengetahuan Dasar Kuliner Seri 1" lainnya juga akan dibagikan ke seluruh SMK dan perguruan tinggi di Indonesia.

Namun, Stefu mengatakan, dirinya dan ACP memiliki keterbatasan data mengenai SMK Tata Boga atau perguruan tinggi pariwisata dan sebagainya di Indonesia.

Stefu menuturkan, ACP sangat terbuka untuk menerima permintaan buku "Buku Pengetahuan Dasar Kuliner Seri 1" di sekolah yang membutuhkan.

"Jadi nanti bagi yang berminat, silakan menghubungi kami, nanti kami akan memberikan," tutur Stefu.

Sekolah atau perguruan tinggi di Indonesia yang berminat mendapatkan buku ini dapat segera menghubungi ACP melalui situs acp-indonesia.org atau Instagram di @acpindonesia.

Baca juga:

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Foodplace (@my.foodplace)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com