Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 02/11/2021, 10:11 WIB
Alma Erin Mentari

Penulis

KOMPAS.com - Lasagna merupakan sajian tradisional khas Italia yang berbentuk pasta. Lasagna memiliki banyak komponen bahan masakan di dalamnya.

Hal itu karena lasagna disajikan secara berlapis dengan berbagai isian seperti daging, sayur, atau makanan laut.

Lasagna biasanya disajikan di restoran atau kafe mewah di beberapa kota besar Indonesia. Namun, kamu bisa membuatnya sendiri di rumah.

Sebelum membuatnya, ketahui terlebih dahulu tips membuat lasagna ala kafe di rumah yang lezat. Terutama pada cara mengolah lasagna yang benar.

Baca juga:

Melansir dari buku “Resep Lasagna ala Café” (2013) oleh Ide Masak terbitan PT Gramedia Pustaka Utama dan All Recipes, berikut cara membuat lasagna di rumah.

1. Cara olah lasagna

Dalam buku tersebut menjelaskan, ada cara mengolah lasagna agar tidak berubah atau mengembang. Caranya adalah masukkan lasagna ke dalam air mendidih. Masukkan satu per satu lembar lasagna.

Setelah memasukkan lasagna di dalam air mendidih, celupkan segera lasagna di dalam air dingin. Hal ini untuk menghentikan proses masak dari lasagna.

2. Cara buat lasagna gulung

Kalau kamu ingin membuat lasagna gulung, pastikan untuk tidak merebus lasagna terlalu matang. Hal ini agar saat ditambahkan dengan aneka saus dan dipanggang.

Lasagna tidak terlalu lembek dan gulungannya terlihat.

3. Beri sedikit saus di bagian paling bawah panci

Menambahkan dari laman All Recipes, pastikan kamu mengoleskan sedikit saus di panci agar lapisan pertama lasagna tidak menempel.

Setelah itu, tambahkan lasagna di atasnya. Pastikan untuk memberikan saus yang tebal kemudian taruh kulit lasagna di atasya.

Beri saus dan tambahkan parutan keju. Lakukan hingga lapisan teratas.

Dalam laman tersebut juga menyarankan untuk memberikan saus di atas lasagna. Hal ini untuk mencegah lasagna menjadi rapuh. Beri taburan keju parut hingga menutupi bagian atasnya.

Baca juga:

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com