Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Cara Pilih Kacang Tanah yang Bagus, Bekal Bikin Kue dan Rempeyek

Kompas.com - 07/05/2021, 12:08 WIB
Lea Lyliana

Penulis

KOMPAS.com - Olahan kacang kacang untuk Lebaran sangatlah beragam. Selain kue kering, kacang tanah pun bisa digunakan untuk membuat rempeyek ataupun ampyang.  

Baiknya gunakan kacang tanah berkualitas agar hidangannya lebih lezat. Tak mudah memilih mana kacang tanah yang bagus atau tidak. 

Namun tak perlu khawatir, sebab ada cara sederhana memilih kacang tanah yang bisa kamu praktikkan. Berikut uraian singkatnya.  

Baca juga: Resep Kacang Bawang Daun Jeruk untuk Sajian Lebaran

1. Pilih yang bijinya utuh 

Jika membeli kacang tanah kupas, baiknya pilih yang bijinya utuh. Jangan pilih yang mulai berlubang, karena ini merupaka tanda bahwa kacang tanah sudah lama disimpan. 

 

2. Jangan pilih yang berbubuk 

Ilustrasi kacang tanah kupas. PIXABAY/ FORWUMUWI73 Ilustrasi kacang tanah kupas.
 

Sufi S.Yahyono dalam bukunya yang berjudul "Snack Renyah Serba Kriuk" terbitan PT Gramedia Pustaka Utama, tak menyarankan memilih kacang tanah yang berkutu dan berbubuk. 

Dua hal tersebut merupakan tanda bahwa kacang tanah sudah lama disimpan. Konon, bubuk ini pun dapat membuat rasa olahannya kurang sedap dan mudah berbau tengik. 

Baca juga: Resep Kacang Bawang Renyah, Tambah Santan biar Gurih

3. Pilih yang segar

Cara memilih kacang tanah pun bisa dilakukan dengan mengamati permukaannya. Pilihlah kacang tanah segar yang permukannya tidak kering dan kisut. 

Selain itu, coba cium juga aromanya. Baiknya, memilih kacang tanah yang mulai bau tengik, terlebih jika kamu ingin menyimpannya lebih lama. 

Baca juga: 5 Cara Goreng Kacang Bawang agar Renyah dan Tidak Gosong

4. Cara memilih kacang tanah yang belum dikupas

Ilustrasi kacang tanahGizelka Ilustrasi kacang tanah

 

Kacang tanah yang belum dikupas biasanya sudah disangrai atau dipanggang terlebih dulu. Meski begitu, kamu tetap harus jeli saat memilihnya. 

Dilansir dari Fine Cooking, untuk memilih kacang tanah kamu bisa mengamati kulitnya. Ciri kacang tanah yang bagus ialah yang berwarna cerah, utuh, dan mulus kulit arinya. 

Baca juga: 5 Cara Bumbui Kacang Bawang supaya Gurih dan Harum

Selain itu kamu juga bisa mengecek kualitas kacang tanah dengan mencium baunya. Jangan pilih kacang tanah yang sudah bau tengik apalagi berjamur. 

Alternatif paling sederhana, yakni membeli kacang tanah kering yang dibungkus di kemasan. Belilah secukupnya supaya tak mudah basi saat disimpan kembali. 

Buku "Snack Renyah Serba Kriuk" karya Sufi Sy, Sufi S.Yahyono terbitan PT Gramedia Pustaka Utama dapat dibeli secara online di Gramedia.com

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com