Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Aman Masak Pakai Loyang Kaca, Perhatikan Suhu Oven

Kompas.com - 26/10/2020, 15:15 WIB
Nine Fridayani,
Yuharrani Aisyah

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Terdapat beragam jenis loyang, termasuk yang berbahan kaca. Biasanya untuk memanggang masakan seperti lasagna atau sayuran.

Baca juga: Mana Lebih Baik, Baking Pakai Loyang Aluminium atau Kaca?

Seperti alat masak lainnya, loyang berbahan kaca punya instruksi pemakaian dan perawatan, yang dapat bervariasi tergantung merek.

Melansir World of Pans, berikut intruksi pemakaian loyang kaca agar aman.

1. Jangan dipanaskan lebih tinggi dari 350 derajat fahrenheit atau sekitar 177 derajat celsius.

2. Jika loyang kaca ada di dalam lemari es, jangan langsung memasukkannya ke dalam oven panas. Perubahan suhu yang drastis dan cepat dapat menghancurkan kaca.

3. Jangan letakkan loyang kaca dingin di atas permukaan yang basah atau dingin. Letakkan di rak pendingin atau di atas handuk.

4. Jangan gunakan loyang kaca di atas kompor atau oven pemanggang roti.

5. Meskipun kamu mengosongkan loyang kaca setelah mengeluarkannya dari oven, biarkan suhu loyang dingin dahulu sebelum diletakkan di wastafel atau sebelum merendamnya di air.

Ilustrasi loyang kaca untuk memanggang masakan. SHUTTERSTOCK/SMARINA Ilustrasi loyang kaca untuk memanggang masakan.

6. Jangan menggores loyang kaca dengan perkakas. Jika ada goresan yang terlihat jelas, loyang bisa mengembang dan pecah ketika dioven.

7. Jangan letakkan loyang kaca ke dalam oven dingin. Biarkan suhu oven memanas sebelum memanggang makanan pada loyang atau makanan akan kurang matang nantinya.

8. Jika kamu memanggang sayuran di dalam wajan, tambahkan air atau kaldu sayuran terlebih dahulu. Cara ini akan mencegah sayuran lengket di loyang kaca.

9. Jika loyang kaca koleksimu dilengkapi dengan tutup plastik, jangan gunakan tutupnya ketika sedang memanggang. Kamu bisa menutup loyang kaca dengan kertas aluminium foil saat memanggang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com