Mana Lebih Baik, Baking Pakai Loyang Aluminium atau Kaca?

Kompas.com - 25/10/2020, 20:30 WIB
Ilustrasi loyang kaca untuk memanggang masakan. SHUTTERSTOCK/SMARINAIlustrasi loyang kaca untuk memanggang masakan.

KOMPAS.com – Dalam memanggang kue dan roti loyang yang digunakan terbuat dari aluminium, sedangkan memanggang pasta lasagna atau puding menggunakan loyang kaca.

Kenapa jenis loyang yang digunakan berbeda? Melansir The Kitchn, beberapa bahan loyang bagus untuk jenis makanan tertentu, sementara yang lain tidak.

Kedua jenis loyang ini memiliki kelebihan dan kekurangan. Loyang yang kamu pilih akan bergantung pada kebutuhan perpindahan panas pada masakan yang dibuat.

Baca juga: 9 Jenis Loyang Kue, Panduan untuk Baking di Rumah

Loyang aluminium

Ilustrasi loyang aluminium untuk panggang kue dan roti. SHUTTERSTOCK/CHAECHAEBYV Ilustrasi loyang aluminium untuk panggang kue dan roti.

Harus ada perpindahan panas yang lancar dari udara di sekitar wajan saat baking atau memanggang. Termasuk pada sisi-sisinya dan tentu saja, adonan isiannya.

Melansir World of Pans, loyang logam, seperti aluminium, bagus untuk menghantarkan panas. Namun bahan ini juga mendingin dengan cepat.

Gunakan loyang aluminium ini jika kamu ingin memanaskan makanan dengan cepat seperti roti dan kue.

Menggunakan loyang aluminium juga harus diperhatikan bahwa bahan ini reaktif terhadap beberapa makanan, terutama yang bersifat asam.

Sifat reaktif ini akan membuat makanan menjadi berbahaya untuk dikonsumsi.

Loyang kaca

Ilustrasi loyang kaca untuk memanggang masakan. SHUTTERSTOCK/FIRMA V Ilustrasi loyang kaca untuk memanggang masakan.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X