Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 25/10/2020, 20:30 WIB
Nine Fridayani,
Yuharrani Aisyah

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Dalam memanggang kue dan roti loyang yang digunakan terbuat dari aluminium, sedangkan memanggang pasta lasagna atau puding menggunakan loyang kaca.

Kenapa jenis loyang yang digunakan berbeda? Melansir The Kitchn, beberapa bahan loyang bagus untuk jenis makanan tertentu, sementara yang lain tidak.

Kedua jenis loyang ini memiliki kelebihan dan kekurangan. Loyang yang kamu pilih akan bergantung pada kebutuhan perpindahan panas pada masakan yang dibuat.

Baca juga: 9 Jenis Loyang Kue, Panduan untuk Baking di Rumah

Loyang aluminium

Ilustrasi loyang aluminium untuk panggang kue dan roti. SHUTTERSTOCK/CHAECHAEBYV Ilustrasi loyang aluminium untuk panggang kue dan roti.

Harus ada perpindahan panas yang lancar dari udara di sekitar wajan saat baking atau memanggang. Termasuk pada sisi-sisinya dan tentu saja, adonan isiannya.

Melansir World of Pans, loyang logam, seperti aluminium, bagus untuk menghantarkan panas. Namun bahan ini juga mendingin dengan cepat.

Gunakan loyang aluminium ini jika kamu ingin memanaskan makanan dengan cepat seperti roti dan kue.

Menggunakan loyang aluminium juga harus diperhatikan bahwa bahan ini reaktif terhadap beberapa makanan, terutama yang bersifat asam.

Sifat reaktif ini akan membuat makanan menjadi berbahaya untuk dikonsumsi.

Loyang kaca

Ilustrasi loyang kaca untuk memanggang masakan. SHUTTERSTOCK/FIRMA V Ilustrasi loyang kaca untuk memanggang masakan.

Sementara loyang kaca tidak menghantarkan panas dengan baik tetapi mendistribusikannya secara merata.

Artinya, kaca tidak mengambil panas dengan cepat, tetapi begitu loyang kaca sudah panas, loyang akan tetap hangat lebih lama di luar oven.

Loyang kaca bisa sangat berguna jika kamu membuat makanan yang butuh dimasak dalam waktu lama. Ketika dikeluarkan dari oven, makanan yang ada di dalam loyang kaca akan tetap hangat.

Namun, loyang kaca tidak disarankan untuk memanggang makanan karena bisa pecah. Hal yang sama juga berlaku untuk resep apa pun yang membutuhkan panas tinggi langsung, seperti di atas kompor.

Loyang kaca khusus yang dapat digunakan untuk memanggang dalam suhu tinggi bukan sembarang kaca, tetapi yang jenis kaca pyrex.

Keuntungan menggunakan loyang kaca dalam baking, yaitu bahan ini aman untuk makanan karena kaca tidak bereaksi dengan bahan makanan seperti asam.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com