Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gelatin Tidak Mengembang? Coba Tips Blooming Ini

Kompas.com - 07/10/2020, 13:13 WIB
Nine Fridayani,
Yuharrani Aisyah

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Gelatin tidak dapat ditambahkan langsung ke dalam resep. Bahan ini perlu dicampurkan dengan sedikit air. Saat dicampurkan dengan air, gelatin akan menyerap cairan kemudian membesar atau mekar.

Baca juga: Apa itu Gelatin? Kolagen Hewan untuk Pengental Dessert

Melansir Whats Cooking America, proses melembabkan seperti ini disebut dengan blooming. Blooming akan menghasilkan gelatin yang mudah larut secara merata saat dimasak dengan bahan lain.

Namun, ada kalanya gelatin mengalami gagal blooming. Beberapa penyebab gelatin gagal blooming adalah karena cairan yang digunakan untuk prosesnya tidak tepat.

Cara lain yang bisa dilakukan untuk mencegah gelatin gagal blooming seperti penjelasan di bawah ini dilansir dari The Kitchn.

1. Hidrasi gelatin dengan cairan dingin

Air yang digunakan untuk membuat gelatin mekar atau blooming harus dipilih yang suhunya dingin.

Mengapa demikian? Sebab jika menggunakan air panas atau hangat, suhu panas air akan menghancurkan kemampuan gelatin untuk mengeras pada hasil produknya.

Taburkan bubuk gelatin secara merata atau celupkan lembaran gelatin ke dalam air dingin. Proses ini sudah cukup untuk membuat gelatin larut dan mekar merata.

Setelah gelatin benar-benar larut atau mekar, bisa dicampurkan ke dalam resep yang akan dimasak.

Baca juga: Resep Gummy Bear Warna-warni, Permen Kenyal Bentuk Beruang

2. Tambahkan gelatin ke basis hangat

Setelah gelatin mekar, segera tambahkan gelatin tersebut ke dalam adonan basis cair yang hangat. Adonan basis cair adalah adonan dasar dari resep yang akan dibuat yang berbentuk cair.

Jika adonan basisnya dingin, gelatin akan sukar mengkakukan atau mengeraskan hasil produk resep. Basis cairan apa pun bisa dicampur dengan gelatin, kecuali cairan yang sangat asam seperti jus dari buah segar.

Jika gelatin dicampurkan ke dalam cairan basis dari krim atau susu, gelatin membutuhkan waktu dua kali lebih lama untuk larut saat digunakan.

Ilustrasi beragam jenis gelatin. SHUTTERSTOCK/13SMILE Ilustrasi beragam jenis gelatin.

3. Jangan beri jeda dalam menambahkan gelatin ke adonan resep

Gelatin yang mengembang akan cukup cepat untuk terus berubah menjadi keras.

Jadi pastikan atur waktu penambahan gelatin ke dalam adonan resep yang masih hangat. Siapkan juga semua peralatan yang dibutuhkan untuk mencetak produk dengan gelatin.

Jangan sampai ada jeda yang lama agar gelatin tidak keburu mengeras. Namun, jika gelatin mulai mengeras, kamu bisa memanaskan kembali adonan yang sudah dicampur gelatin.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com