Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 21/09/2020, 17:05 WIB
Nine Fridayani,
Yuharrani Aisyah

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Dalam satu rak yang sama di swalayan, susu kental manis dan susu evaporasi sering disandingkan.

Pertanyaan pun muncul, apa perbedaan dari susu kental manis dan susu evaporasi? Mengingat ketika dikeluarkan dari kemasannya, kedua susu ini mempunyai bentuk yang serupa.

Sebagai jawaban atas pertanyaan tersebut, berikut ini penjelasan tentang susu kental manis dan susu evaporasi, dirangkum dari The Kitchn dan Real Simple.

Baca juga: 5 Bahan Nabati Pengganti Susu untuk Masak dan Bikin Kue, Salah Satunya Santan

1. Susu evaporasi

Susu evaporasi adalah susu tanpa pemanis yang diawetkan dalam kaleng.

Susu evaporasi ditemukan ketika lemari es adalah barang mewah. Sementara orangtua harus menemukan cara mengawetkan minuman sarat kalsium untuk anak mereka.

Pembuatan susu evaporasi dilakukan dengan merebus perlahan susu segar dengan api kecil. Susu segar direbus sampai 60 persen kandungan airnya menguap.

Susu evaporasi menjadi susu yang lebih kental dan lembut setelah air menguap. Kemudian susu dihomogenisasi, disterilkan, dan dikemas.

Susu evaporasi dapat digunakan dalam hidangan bertekstur seperti krim, tetapi tidak menambah rasa manis.

Sifat susu evaporasi yang tanpa pemanis membuatnya serbaguna untuk hidangan gurih seperti mac and cheese atau resep manis seperti pai ubi jalar.

Ilustrasi susu kental manis dalam kaleng. SHUTTERSTOCK/NZOZO Ilustrasi susu kental manis dalam kaleng.

2. Susu kental manis

Susu kental manis dimulai dengan proses yang sama seperti susu evaporasi. Susu segar direbus hingga setengah jumlahnya untuk menghasilkan produk krim kental.

Kemudian gula ditambahkan ke susu evaporasi. Proses ini membuat rasa susu kental ini menjadi manis.

Susu kental manis biasanya digunakan untuk makanan penutup (dessert) rasa manis. Susu kental manis juga sering dipakai untuk membuat roti.

3. Susu evaporasi dan susu kental manis saling menggantikan?

susu kental manisPIXABAY/THEUJULALAL susu kental manis

Mengganti fungsi susu evaporasi dengan susu kental manis atau sebaliknya pada resep masakan sebenarnya tidak dianjurkan. Kedua susu kental ini akan memengaruhi rasa masakan.

Namun dalam keadaan mendesak, susu kental manis dapat diganti dengan susu evaporasi dengan tambahan gula. Nantinya rasa hasil masakan menjadi sedikit berbeda.

Baik susu evaporasi maupun susu kental manis biasanya memiliki umur simpan minimal satu tahun. Berlaku apabila kalengnya belum dibuka.

Setelah membuka kaleng susu evaporasi dan susu kental manis, simpan di lemari es. Sebaiknya gunakan tidak lebih dari 5 hari setelah dibuka.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com