Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mencoba Kopi Susu Alternatif dengan Bahan Oat dan Almond

Kompas.com - 08/08/2020, 08:14 WIB
Silvita Agmasari

Penulis

KOMPAS.com - Susu alternatif selain susu sapi semakin diminati pasar. Susu atau lebih tepatnya sari nabati dari kacang-kacangan dan gandum banyak dipilih orang yang intoleransi laktosa dan penganut penganut vegan.

"Kami sadar akan adanya peningkatan kebutuhan masyarakat terhadap susu alternatif. Untuk itu sejak pembukaan gerai pertama, kami telah menyediakan pilihan susu alternatif berbahan gandum, yang sekarang kami lengkapi dengan susu almond," kata Co-founder dan Managing Partner KISAKU, Catherine Halim.

Baca juga: “Susu” Nabati yang Sebenarnya Bukan Susu, Kenali 8 Jenisnya

Caterine lewat siaran pers Selasa (4/8/2020) menyebutkan selain untuk intoleransi laktosa, susu gandum dan almond juga bagi penganut paham vegan, serta lebih ramah lingkungan.

Kafe KISAKU menyediakan Oat Mylk Latte sejak September 2019 dan baru-baru ini meluncurkan Almond Mlyk Latte.

Kompas.com berkesempatan mencoba dua varian jenis kopi susu alternatif ini.

Dari siaran pes KISAKU menyebutkan menggunakan Oatly, merek susu gandum berkualitas tinggi.

Baca juga: Cara Membuat Susu Kacang Kedelai yang Tidak Langu di Rumah

Kedua kopi susu ini kalau dilihat memang tak tampak beda dengan kopi susu pada umumnya. Namun ketika diaduk, konsistensi kopi susu almond dan oat akan lebih encer ketimbang susu sapi.

Kopi susu alternatif dengan susu almond dan oat dari KISAKU. Dok. KISAKU Kopi susu alternatif dengan susu almond dan oat dari KISAKU.

Bagi saya yang baru pertama kali minum kopi susu alternatif ini rasanya akan sedekit berbeda, karena ada sensasi kurang creamy.

Namun ternyata saat diteguk akan terasa lebih bersih (clear) dan tak meninggalkan jejak rasa susu yang membuat lidah tebal.

Selain itu kopi susu alternatif KISAKU, terutama yang Oat Mlyk Latte punya harum oat (gandum utuh giling) semakin menambah nikmat minum kopi.

Baik Oat Mlyk Latte maupun Almond Milkt Latte punya rasa kopi yang yang kuat dan dominan ketimbang susu.

Rasa manisnya juga minim, kopi susu alternatif ini cocok bagi kamu yang mencari kopi susu dengan rasa kopi "nendang" dengan tambahan harum dari oat dan almond.

Baca juga: Apa Bedanya Kopi Tubruk dan French Press?

Namun kembali lagi, bagi penganut aliran kopi susu yang creamy dan legit, dua kopi susu alternatif ini agaknya akan di luar ekspektasi kamu.

Catherine menyebutkan ia percaya perpaduan susu alternatif dan kopi punya ciri khas unik dan punya pasar tersendiri.

Di sisi lain, minum susu alternatif susu sapi juga banyak manfaat. Data dari National Institute of Health, sebuah badan kesehatan di Amerika 70 persen masyarakat keturunan Asia mengalami intoleransi laktosa.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com