Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mencoba Kopi Susu Alternatif dengan Bahan Oat dan Almond

KOMPAS.com - Susu alternatif selain susu sapi semakin diminati pasar. Susu atau lebih tepatnya sari nabati dari kacang-kacangan dan gandum banyak dipilih orang yang intoleransi laktosa dan penganut penganut vegan.

"Kami sadar akan adanya peningkatan kebutuhan masyarakat terhadap susu alternatif. Untuk itu sejak pembukaan gerai pertama, kami telah menyediakan pilihan susu alternatif berbahan gandum, yang sekarang kami lengkapi dengan susu almond," kata Co-founder dan Managing Partner KISAKU, Catherine Halim.

Caterine lewat siaran pers Selasa (4/8/2020) menyebutkan selain untuk intoleransi laktosa, susu gandum dan almond juga bagi penganut paham vegan, serta lebih ramah lingkungan.

Kafe KISAKU menyediakan Oat Mylk Latte sejak September 2019 dan baru-baru ini meluncurkan Almond Mlyk Latte.

Kompas.com berkesempatan mencoba dua varian jenis kopi susu alternatif ini.

Dari siaran pes KISAKU menyebutkan menggunakan Oatly, merek susu gandum berkualitas tinggi.

Kedua kopi susu ini kalau dilihat memang tak tampak beda dengan kopi susu pada umumnya. Namun ketika diaduk, konsistensi kopi susu almond dan oat akan lebih encer ketimbang susu sapi.

Bagi saya yang baru pertama kali minum kopi susu alternatif ini rasanya akan sedekit berbeda, karena ada sensasi kurang creamy.

Namun ternyata saat diteguk akan terasa lebih bersih (clear) dan tak meninggalkan jejak rasa susu yang membuat lidah tebal.

Selain itu kopi susu alternatif KISAKU, terutama yang Oat Mlyk Latte punya harum oat (gandum utuh giling) semakin menambah nikmat minum kopi.

Baik Oat Mlyk Latte maupun Almond Milkt Latte punya rasa kopi yang yang kuat dan dominan ketimbang susu.

Rasa manisnya juga minim, kopi susu alternatif ini cocok bagi kamu yang mencari kopi susu dengan rasa kopi "nendang" dengan tambahan harum dari oat dan almond.

Namun kembali lagi, bagi penganut aliran kopi susu yang creamy dan legit, dua kopi susu alternatif ini agaknya akan di luar ekspektasi kamu.

Catherine menyebutkan ia percaya perpaduan susu alternatif dan kopi punya ciri khas unik dan punya pasar tersendiri.

Di sisi lain, minum susu alternatif susu sapi juga banyak manfaat. Data dari National Institute of Health, sebuah badan kesehatan di Amerika 70 persen masyarakat keturunan Asia mengalami intoleransi laktosa.

Angka ini berbeda jauh dengan masyarakat Eropa Utara yang lebih terbiasa mengonsumsi produk susu murni, sehingga tingkat intoleransi laktosa jauh lebih rendah dan hanya berada di kisaran 5 persen.

Penelitian yang dilakukan oleh University of Oxford mengatakan bahwa satu gelas susu sapi menghasilkan emisi gas rumah kaca hampir tiga kali lebih banyak dari susu alternatif.

"Secara perlahan, setiap usaha kecil yang kami lakukan bertujuan untuk menjadikan KISAKU sebagai sebuah tempat bersosialisasi yang lebih ramah lingkungan," kata Catherine.

Saat ini mayoritas minuman kopi KISAKU bisa dipadukan dengan susu gandum atau susu almond, dengan ekstra pembayaran Rp18.000.

Menu kopi terdirid ari Iced/Hot Latte, Iced/Hot Kampoeng Latte, Iced/Hot Mocha, Iced/Hot Chocolate, dan Iced/Hot Green Tea Latte.

KISAKU juga menyediakan Home Series berukuran satu liter, yang mencakup minuman kopi berbahan baku susu alternatif seperti Almond Mylk Latte yang dihargai Rp149.000 per satu liter dan Oat Mylk Latte  seharga Rp199.000 per 1 liter.

Kopi susu ukran besar ini dapat disimpan selama tiga hari di dalam kulkas.

Kafe KISAKU saat ini berada di Jalan Laksana I Nomor 24, Pasaraya Blok M Lantai Dasar, dan Revenue Tower Lantai Dasar. Semuanya di daerah Jakarta Selatan.   

https://www.kompas.com/food/read/2020/08/08/081400875/mencoba-kopi-susu-alternatif-dengan-bahan-oat-dan-almond

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke