Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Tips Membuat Latte Art bagi Pemula, Bisa Latihan Pakai Sabun

Kompas.com - 25/05/2024, 12:31 WIB
Suci Wulandari Putri Chaniago,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Selain rasa kopi yang enak, tampilan kopi yang disuguhkan pun punya nilai tambah. Maka dari itu, tidak sedikit orang yang mau belajar seputar seni di atas kopi, atau kerap disebut latte art.

Pada dasarnya, latte art bisa dilakukan karena kombinasi antara espresso dan susu yang dipanaskan menggunakan steamer, sehingga membentuk microfoam.

Microfoam di sini berfungsi mengubah karakteristik dari susu cair biasa. Secara ilmiah, proses ini disebut sebagai denaturasi.

Baca juga: Bikin Latte Art Pakai Susu Sapi vs Susu Plant Based, Apa Bedanya?

Menurut pemaparan Coffee Specialist sekaligus member aktif Official Barista Indonesia, M. Ramadhany Syahfitrah, proses hingga mahir membuat latte art butuh waktu yang cukup lama. Jangka waktunya tergantung pada kualitas latihan yang dilakukan.

 
 
 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Foodplace (@my.foodplace)

Sekilas, membuat latte art tampak sederhana, bermodal susu cair yang di-steam dan dituang ke dalam gelas berisi espresso. Namun, pada praktiknya tidak semudah yang dibayangkan.

Tips membuat latte art untuk pemula

Saat acara Jakarta Vegetarian Week 2024, Kompas.com berkesempatan mengikuti kelas membuat latte art pada Jumat (24/5/2024). Berikut beberapa tips membuat latte art untuk pemula:

1. Pakai french press

Susu cair yang dituang ke dalam espresso mulanya diuapkan menggunakan steamer dari mesin kopi. Bila tidak punya steamer, kamu bisa menggunakan french press sebagai alternatif.

ILUSTRASI - french press, alat seduh kopiShutterstock ILUSTRASI - french press, alat seduh kopi

“Di rumah kalau ada french press, bisa digunakan. Panaskan susu hingga suhu sekitar 50 derajat celsius, setelah itu dikocok,” kata Fitrah di Emporium Mall Pluit, Jakarta Utara, Jumat (24/5/2024).

Sementara itu, tambahnya, untuk pilihan kopi bisa latihan menggunakan kopi bubuk. Serta untuk menuang susu dan membentuk gambar dari foam, harus pakai milk jug.

2. Latihan pakai sabun cair

Bagi pemula yang merasa membeli susu terlalu mahal untuk latihan membuat latte art, Fitrah merekomendasikan untuk latihan menggunakan sabun cair.

Baca juga: 3 Cara Membuat Latte Art, Bikin Kopi Kekinian Ala Barista

“Bisa menggunakan sabun cair, pakai air dingin, terus di-steam,” katanya.

Pilihan lainnya, pemula bisa mengganti susu cair dengan susu kental manis. Caranya, susu kental manis dilarutkan dengan air panas, setelah itu dikocok menggunakan plunger atau mesin pembuat kopi manual.

3. Paham cara steam susu

Kunci latte art yang bagus ada pada bentuk busa yang dihasilkan saat susu di-steam atau diuapkan. Maka dari itu penting untuk mengetahui cara steam susu yang benar.

Berdasarkan penjelasan dari Fitrah, saat proses steam susu, sesuaikan posisi mulut wadah susu atau milk jug dengan batang steamer.

Proses menuang susu pada espresso untuk membuat latte art saat acara Jakarta Vegetarian Week 2024 di Emporium Pluit Mall, Jumat (24/5/2024). Kompas.com/ Suci Wulandari Putri Proses menuang susu pada espresso untuk membuat latte art saat acara Jakarta Vegetarian Week 2024 di Emporium Pluit Mall, Jumat (24/5/2024).

Saat memasukkan batang steamer ke dalam milk jug berisi susu, jangan masukkan terlalu dalam, dan jangan pula terlalu berada di permukaan.

Sedikit miringkan posisi milk jug dengan kemiringan lebih dari 70 derajat dari titik tengah milk jug. Setelah itu tekan tombol steam pada mesin kopi untuk mulai proses steam.

Saat proses menguapkan susu, naikkan sedikit posisi milik jug untuk mencari suhu yang diinginkan. Serta, arahkan steamer supaya busa yang dihasilkan halus.

Baca juga: 3 Cara Membuat Latte Art ala Barista Hotel, Pakai Mesin atau Manual

Bila sudah mencapai suhu yang diinginkan, non-aktifkan mode steam, lalu hentakkan milk jug ke atas meja guna menghilangkan gelembung besar pada busa.

Setelah itu, lanjutkan menuang susu ke dalam espresso, dan melukis di atas kopi menggunakan foam.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com