Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bawa Rp 30.000 ke Pasar 8 Alam Sutera, Bisa Beli Apa Saja?

Kompas.com - 25/05/2024, 15:54 WIB
Ni Nyoman Wira Widyanti

Penulis

TANGERANG SELATAN, KOMPAS.com - Jika ingin berburu kuliner pagi di Alam Sutera, Tangerang Selatan, salah satu tempat yang bisa dituju adalah Pasar 8 Alam Sutera. Lokasinya di Jalan Alam Utama, Kecamatan Serpong.

Selain pedagang sayur, buah, dan daging, pasar ini juga memiliki beragam tenant yang menjajakan aneka makanan dan minuman. Tenant tersebut tersebar di dalam gedung utama pasar, serta di deretan pertokoan di luar gedung utama. 

Baca juga: 5 Tempat Makan di Alam Sutera untuk Keluarga, Ada Steak House

Simak beberapa makanan dan minuman yang bisa dibeli di Pasar 8 Alam Sutera pada pagi hari dengan bujet sekitar Rp 30.000, berdasarkan pengalaman Kompas.com, Sabtu (25/5/2024). 

Harap diingat bahwa tenant yang ada dalam artikel ini terletak di dalam gedung utama pasar. 

Bawa Rp 30.000 ke Pasar 8 Alam Sutera

1. Soto kudus dan nasi ayam semarang

Nasi Ayam Semarang, salah satu menu di Soto Kudus Delima Pasar 8 di Pasar 8 Alam Sutera, Tangerang Selatan, Sabtu (25/5/2024).KOMPAS.com/Ni Nyoman Wira Nasi Ayam Semarang, salah satu menu di Soto Kudus Delima Pasar 8 di Pasar 8 Alam Sutera, Tangerang Selatan, Sabtu (25/5/2024).

Soto Kudus Delima Pasar 8 termasuk salah satu tempat makan populer di pasar ini. Bahkan, saat saya datang sekitar pukul 09.00 WIB, tempat makan ini sudah dipadati pembeli. 

Menu utama Soto Kudus Delima Pasar 8 adalah soto kudus, yang disajikan di dalam mangkuk kecil, serta nasi ayam semarang, yang dihidangkan di atas daun pisang dan anyaman bambu beralaskan mangkuk kecil. Sepintas porsinya terlihat sedikit, tapi sesungguhnya cukup mengenyangkan. 

Ketika menyeruput kuah soto kudus, rasa bawang putih goreng yang tidak terlalu mendominasi langsung terasa. Suwiran daging ayamnya melimpah, sedangkan taogenya tidak langu. Harganya mulai Rp 15.000 jika dicampur nasi dan mulai Rp 17.000 jika dipisah nasinya.

Sementara itu, nasi ayam semarang terdiri dari nasi yang di atasnya diberi telur, suwiran daging ayam, sayur labu, krecek, dan sambal.

Menu nasi ini akan semakin pas jika disantap bersama tempe goreng tebal yang renyah bagian luarnya. Harganya mulai Rp 17.000. 

Baca juga: Makanan Vegan Premium di Resto Baru Alam Sutera, Seperti Apa Rasanya?

2. Martabak

Martabak coklat kacang yang dijajakan oleh Martabak 825 di Pasar 8 Alam Sutera, Tangerang Selatan, Sabtu (25/5/2024).KOMPAS.com/Ni Nyoman Wira Martabak coklat kacang yang dijajakan oleh Martabak 825 di Pasar 8 Alam Sutera, Tangerang Selatan, Sabtu (25/5/2024).

Tidak jauh dari tempat makan soto kudus, terdapat pedagang martabak. Namanya Martabak 825.

Ukurannya tidak sebesar martabak pada umumnya sehingga bisa dijadikan camilan. Bagian tengahnya empuk, sedangkan sisi luarnya sedikit renyah. 

Harga martabak mulai Rp 15.000 untuk rasa coklat kacang, coklat kacang wijen, coklat Oreo, kacang, dan Oreo. 

Adapun martabak rasa keju, coklat keju, coklat keju kacang, dan coklat keju Oreo dibanderol mulai Rp 18.000. 

Baca juga: Restoran Vegan Fine Dining Milik Alumni MasterChef Buka di Alam Sutera

3. Pisang goreng wijen

Pisang goreng dari toko Pisang Goreng More Pontianak-Kalimantan di Pasar 8 Alam Sutera, Tangerang Selatan, pada Sabtu (25/5/2024).KOMPAS.com/Ni Nyoman Wira Pisang goreng dari toko Pisang Goreng More Pontianak-Kalimantan di Pasar 8 Alam Sutera, Tangerang Selatan, pada Sabtu (25/5/2024).

Aneka jenis pisang goreng jamak dijumpai di Pasar 8 Alam Sutera, mulai dari pisang goreng kipas hingga pisang goreng wijen. Salah satu penjual pisang goreng wijen adalah Pisang Goreng More Pontianak-Kalimantan.

Kamu bisa membeli sekotak dengan harga mulai Rp 30.000 atau dalam kantong kertas dengan harga mulai Rp 15.000. Isinya cukup banyak.

Rasa pisang goreng yang dijajakan lebih ke arah gurih dengan sedikit rasa manis, ukurannya pun lebih kecil. Adonan pisang gorengnya terasa gurih, dengan kerenyahan yang tahan lama.

Baca juga: 5 Coffee Shop di Alam Sutera Tangerang, Kunjungi di Akhir Pekan

4. Jamu

Salah satu pedagang jamu yang ada di Pasar 8 Alam Sutera, Tangerang Selatan, Sabtu (25/5/2024).KOMPAS.com/Ni Nyoman Wira Salah satu pedagang jamu yang ada di Pasar 8 Alam Sutera, Tangerang Selatan, Sabtu (25/5/2024).

Tidak jauh dari toko Pisang Goreng More Pontianak-Kalimantan, tepatnya di sisi kiri dekat lorong pintu masuk dan keluar, terdapat pedagang jamu.

Harga segelas jamu kunyit asam dan air jahe, misalnya, dibanderol mulai Rp 5.000. 

Kamu pun bisa menyantap jamu di tempat sebelum lanjut berburu kuliner. 

Baca juga: Steakhouse Asal Bandung Hadir di Alam Sutera, Harga Steak Mulai dari Rp 100.000-an

5. Kopi

Kopi Susu Sebudi, salah satu menu dari kafe Sebudi Kopi di Pasar 8 Alam Sutera, Tangerang Selatan (25/5/2024).KOMPAS.com/Ni Nyoman Wira Kopi Susu Sebudi, salah satu menu dari kafe Sebudi Kopi di Pasar 8 Alam Sutera, Tangerang Selatan (25/5/2024).

Di Pasar 8 Alam Sutera, terdapat beragam kafe dan coffee shop yang bisa dijadikan tempat nongkrong. Apalagi jika kamu belum merasa lengkap jika tidak minum kopi pada pagi hari.

Salah satu kafe yang bisa dikunjungi di pasar ini adalah Sebudi Kopi. Kamu bisa menikmati kopi sembari beristirahat sejenak di bangku-bangku yang tersedia di sisi depannya.

Beberapa menu kopi yang ada di kafe ini, antara lain Kopi Susu Sebudi, Kopi Susu Avocado, Kopi Susu Coklat, Kopi Susu CaramelAmericano, dan Coffee Latte Caramel

Untuk menu Kopi Susu Sebudi, misalnya, harganya mulai Rp 18.000 untuk jenis hot (panas) dan mulai Rp 20.000 untuk jenis ice (dengan es).

Baca juga: 16 Cafe di Alam Sutera, Ada yang Punya Spot Outdoor

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Foodplace (@my.foodplace)

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com