Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jalur Mandiri Unpad 2024 Masih Buka, Ada yang Tanpa Ujian Lagi

Kompas.com - 14/05/2024, 09:15 WIB
Mahar Prastiwi

Penulis

KOMPAS.com - Calon mahasiswa yang ingin kuliah di Unpad (Universitas Padjadjaran), pendaftaran Seleksi Mandiri Universitas Padjadjaran skema UTBK dan ujian masih terbuka hingga 16 Juni 2024 mendatang.

Melalui jalur ini, calon mahasiswa bisa memilih program Sarjana maupun Sarjana Terapan di Unpad.

Sekretaris Direktorat Pendidikan dan Internasionalisasi Unpad Irma Nuraini mengatakan, bahwa kriteria penilaian Seleksi Mandiri Unpad skema UTBK berdasarkan gabungan nilai dari skor SNBT UTBK 2024 (Ujian Tulis Berdasarkan Komputer Seleksi Nasional Berdasarkan Tes) dan nilai rapor semester 1 hingga 5.

"Tidak ada ujian lagi untuk skema UTBK. Jadi cukup submit, kemudian nanti kita seleksi," kata Irma seperti dikutip dari laman Unpad, Selasa (14/5/2024).

Baca juga: Biaya Kuliah Unpad Semua Jalur Mandiri, Ada yang Rp 15 Juta

SMUP diperuntukkan bagi yang tidak ikut UTBK 2024

Pendaftaran Seleksi Mandiri Unpad dapat dilakukan tanpa menunggu hasil UTBK 2024 diumumkan. Pendaftaran jalur ini dapat dilakukan sejak 29 April 2024 lalu.

"Untuk mendaftar UTBK, tidak perlu menunggu skornya keluar," ujar Irma.

Sementara untuk skema ujian SMUP, Irma menegaskan, skema ini hanya diperuntukkan bagi peserta yang tidak memiliki nilai UTBK tahun 2024.

Peserta yang mengikuti atau memiliki nilai UTBK 2024 tidak dapat mengikuti skema ini. Pengumuman akan dilakukan pada 7 Juli hingga 31 Juli 2024.

"Ini hanya dan khusus yang tidak memiliki nilai UTBK 2024," tegasnya.

Ujian seleksi mandiri program Sarjana dan Sarjana Terapan akan dilaksanakan secara daring pada 29 hingga 30 Juni 2024.

Baca juga: Biaya Kuliah Kedokteran UI, Unair, UGM, Unpad, Unhas 2024

Dengan demikian, ujian dapat dilakukan peserta di mana pun. Irma mengingatkan peserta untuk memperhatikan ketentuan pelaksanaan ujian.

Irma menambahkan, pelaksanaan ujian menggunakan sistem Computer Assisted Test, dan peserta harus menggunakan perangkat berupa laptop atau komputer PC.

Ujian diharuskan dilakukan di ruangan tertutup, pencahayaan yang cukup, meja dan kursi yang nyaman untuk ujian, serta tidak ada orang lain di sekitar tempat ujian. Sebelum pelaksanaan ujian, peserta diminta mengikuti verifikasi tempat ujian oleh panitia.

"Tempat ujian harus sama dengan tempat saat melakukan verifikasi. Biasanya itu satu hari sebelumnya kita lakukan verifikasi," tandas Irma.

Dalam proses mendaftar, Irma juga mengingatkan agar peserta cermat dalam mengisi kolom pendaftaran.

Peserta juga harus memastikan skema yang dipilih adalah benar, karena setelah finalisasi pendaftaran tidak dapat dibatalkan.

Baca juga: Pendaftaran IUP Unpad 2024 Dibuka, Bisa Kuliah ke Luar Negeri

Hal senada disampaikan Analis Sistem Informasi Direktorat Pendidikan dan Internasionalisasi Unpad Insan Fahmi Azadi menambahkan, peserta Seleksi Mandiri Unpad harus teliti mengisi kolom pendaftaran. Pastikan kolom sudah diisi sesuai dengan ketentuan.

"Disayangkan jika ada kendala karena ada ketidaktelitian. Jadi pastikan kembali yang kalian itu sudah sesuai," terang Insan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com