Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Masalah Pinjol, ITB: Bermula dari Banyaknya Mahasiswa yang Nunggak UKT

Kompas.com - 31/01/2024, 16:46 WIB
Sania Mashabi,
Dian Ihsan

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Institut Teknologi Bandung (ITB) mengaku tidak pernah memaksa mahasiswa membayar uang kuliah tunggal (UKT) melalui sistem pembayaran melalui pinjaman online (pinjol).

Menurut Wakil Rektor Bidang Keuangan, Perencanaan, dan Pengembangan ITB Prof. Muhamad Abduh, masalah pembayaran biaya kuliah lewat pinjol ini bermula dari banyaknya mahasiswa yang memiliki tunggakan UKT, bahkan ada yang tidak melakukan pembayaran sama sekali.

Baca juga: ITB Buka Pinjol untuk UKT Mahasiswa, JPPI: Itu Pelanggaran dan Penindasan

"Memang kami mengetatkan masalah piutang ini dengan kami mengintroduksi tidak bisa mengakses perwalian jika dia belum bayar sama sekali. Ada mahasiswa dan orangtua yang sudah mencicil, kita tidak sentuh," kata Prof. Abduh dalam konferensi pers yang disiarkan secara online, pada Rabu (31/1/2024).

Prof. Abduh menegaskan, mahasiswa yang belum bayar UKT sama sekali tidak diperkenankan untuk melakukan perwalian melalui sistem yang tersedia.

Akhirnya, mahasiswa yang belum membayar UKT itu akan diberi beberapa rekomendasi pembayaran saat membuka laman perwalian.

Rekomendasi pembayaran UKT yang ditampilkan, kata Prof. Abduh, cukup banyak. Ada yang dari beasiswa, kartu kredit, hingga pinjol bernama Danacita.

"Di situ memang diberikan alternatif kalau memang masih menunggak bayar dulu dengan ada beasiswa, ada cicilan, ada perbankan, ada kartu kredit dan termasuk Danacita," kata dia.

"Bukan otomatis harus menggunakan Danacita," tambah Prof. Abduh.

Asal tahu saja, belum lama ini jagat media sosial X dihebohkan dengan informasi kampus ITB yang memberi layanan pinjol bagi mahasiswa untuk membayar UKT.

Baca juga: Jalur Mandiri ITB 2024: Cek Syarat hingga Biaya Daftarnya

Informasi itu menyebar ke khalayak luas di aplikasi X oleh @ITBfess.

Pada unggahan akun @ITBfess, layanan pembayaran UKT di ITB bekerja sama dengan pihak ketiga, yaitu Danacita.

Di laman Danacita memberikan informasi sebagai mitra resmi dari ITB. Adapun peminjaman dari Danacita tidak dikenakan biaya tanpa DP dan jaminan.

Mahasiswa juga diberi opsi pembayaran dalam waktu 6 bulan atau 12 bulan.

Baca juga: Kejadian di ITB, Kemendikbud: PTN Jangan Persulit Biaya UKT Mahasiswa

"Disuruh pinjol sama ITB! Kami segenap sivitas akademik ITB mengucapkan selamat membayar cicilan beserta bunganya," tulis akun @ITBfess, Kamis (25/1/2024).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com