Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

8 Tips Sukses Hadapi Sidang Skripsi, Langsung Dipuji Dosen Penguji

Kompas.com - 31/10/2023, 19:35 WIB
Mahar Prastiwi,
Dian Ihsan

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Mengikuti sidang skripsi merupakan salah satu langkah yang harus dilalui mahasiswa sebelum diwisuda.

Menjalani sidang skripsi membutuhkan persiapan mental. Karena kamu harus menjelaskan isi skripsimu dihadapan sejumlah dosen sekaligus.

Jika kamu tidak menguasai isi skripsimu, bisa-bisa kamu tidak lulus ujian sidang skripsi. Bagi mahasiswa yang akan menjalani sidang skripsi, ada tips sukses yang bisa kamu coba. Dengan menerapkan tips ini, kamu bakal mendapat pujian dari dosen penguji.

Dilansir dari laman Universitas Multimedia Nusantara, Selasa (31/10/2023) berikut tips sukses sidang skripsi yang membuatmu dipuji dosen penguji. Apa saja tipsnya? Simak informasinya sampai selesai.

Baca juga: Biaya Kuliah di Unpam 2023 dan Jadwal Penerimaan Mahasiswa Baru

Tips sukses hadapi sidang skrips

1. Baca berulang-ulang isi skripsi

Tips sukses pertama saat akan mengikuti sidang skripsi adalah kamu perlu membaca berulang isi skripsimu. Dengan mempelajari dan membacanya berkali-kali, kamu akan lebih mantap dan siap menghadapi sidang skripsi.

Hal ini dikarenakan dosen penguji akan menilai kesiapan mahasiswanya dari segi materi dan diuji pengetahuannya dari isi skripsi yang telah disampaikan saat sidang skripsi.

Saat menjalani sidang skripsi, mahasiswa perlu menyiapkan poin-poin penting dari isi skripsimu. Misalnya dengan menggunakan sticky note pada setiap bagian atau bab di skripsi.

Kamu perlu menguasai judul skripsinya tentang apa, variabel yang digunakan dalam penelitian ini apa saja, hasil penelitiannya seperti apa dan lain-lain.

2. Berkonsultasi dengan dosen pembimbing untuk pemantapan

Menjelang sidang skripsi, mahasiswa perlu berkonsultasi dengan dosen pembimbing agar jauh lebih siap dan mantap.

Biasanya mahasiswa akan berkoordinasi dengan dosen pembimbing khususnya dalam pengurusan berkas administrasi pendaftaran sidang.

Selain itu, kamu bisa sampaikan ke dosen pembimbing apabila merasa ada yang mengganjal atau kurang paham dengan isi skripsi. Hal ini disebabkan ketika sidang skripsi nanti dosen pembimbing juga akan menjadi pengujimu.

Melalui konsultasi yang intens dengan dosen pembimbing sebelum sidang juga menandakan bahwa mahasiswa tersebut sudah sejalan pemikirannya dengan pembimbing dan lebih yakin atas masukan dan arahan yang sudah diberikan.

3. Pahami karakter dosen penguji

Saat mengikuti sidang skripsi, kamu akan dihadapkan dengan beberapa dosen sekaligus. Setelah tahu nama dosen penguji, kamu perlu mencari tahu bagaimana karakter dosen penguji tersebut.

Kamu bisa mencari tahu dari teman atau kakak tingkat yang pernah mendapatkan dosen penguji yang sama. Bagaimana tipe pertanyaan yang diajukan atau karakter dari dosen penguji tersebut.

Baca juga: Deretan SMA Swasta Terbaik di Jakarta Timur, Persiapan Daftar 2024

4. Jangan lupa latihan presentasi

Setelah tahu jadwal sidang skripsi, kamu bisa melakukan latihan presentasi dihadapan teman-temanmu. Bahkan tidak ada salahnya temanmu mengajukan pertanyaan yang bisa saja disampaikan dosen saat sidang skripsi berlangsung.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com