Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gedung Bappenas Jadi Salah Satu “Ruang Tamu” Pekan Kebudayaan Nasional 2023

Kompas.com - 19/10/2023, 15:27 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.comPekan Kebudayaan Nasional 2023 yang digelar Direktorat Jenderal Kebudayaan Kemendikbudristek menggandeng berbagai pihak dalam pelaksaannya. Salah satunya adalah Bappenas sebagai poros utama pengusunan perencanaan pembangunan Indonesia.

Kantor Bappenas yang berada di kawasan Menteng ikut bersolek merayakan panen raya kerja-kerja kebudayaan, sebagai rujukan untuk menyusun perencanaan pembangunan ke depan.

“Kami mengajak Bappenas untuk bersama merayakan panen hasil kerja kebudayaan di dalam rangkaian Pekan Kebudayaan Nasional 2023 sekaligus melakukan musyarawah soal pemajuan kebudayaan dengan para komunitas, lembaga dan pelaku budaya," jelas Fitra Arda, Sekretaris Ditjen Kebudayaan, Kemendikbudristek (19/10/2023).

"Sejalan dengan semangat lumbung pada Pekan Kebudayaan, pembangunan kebudayaan dilakukan secara gotong royong," tambah Fitra Arda.

Bappenas menyambut baik dan turut serta membuka ruang Kantor Bappenas sebagai Ruang Tamu Pekan Kebudayaan Nasional 2023 bekerja sama dengan Jatiwangi Art Factory, komunitas budaya dari Jatiwangi, Majalengka.

“Di ruang tamu tersebut, akan dilaksanakan berbagai kegiatan termasuk pergelaran musik, pameran, diskusi-diskusi yang melibatkan seluruh unsur di Bappenas mengangkat tema Jalan Kebudayaan untuk Indonesia Emas 2045'" jelas Ismal, penggiat budaya dari Komunitas Jatiwangi Art Factory.

Ruang Tamu PKN di kantor Bappenas akan mulai dibuka dengan prosesi kolaborasi antara Kemendikbudristek dan Bappenas pada 20 Oktober 2023. Ruang kolaborasi ini terbuka untuk umum hingga 29 Oktober 2023.

Ruang Tamu PKN 2023 tersebar di 40 titik wilayah tersebar di Jakarta Pusat, Selatan, Timur, Barat, Utara, Bekasi, Tangerang, Bogor,

Sebagai informasi, PKN 2023 bergulir sejak Juni 2023 di 223 titik seluruh Indonesia dengan mengangkat tema besar "Merawat Bumi, Merawat Kebudayaan".

Baca juga: Kemendikbudristek Siap Gelar Anugerah Kebudayaan Indonesia 2023

PKN 2023 terdiri dari 8 kuratorial: Temu Jalar, Jejaring, Rimpang, Rantai Bunyi, Pendidikan yang Berkebudayaan, Berliterasi Alam dan Budaya, Laku Hidup, Gerakan Kalcer, dan Sedekah Bumi Project.

Selama 20-29 Oktober 2023, PKN 2023 akan menggelar berbagai kegiatan seperti pameran, kenduri rasa, lokakarya, dapur bangsa, diskusi publik, perjamuan, pergelaran, gelar wicara, instalasi, konferensi, artist talk, kongres, perjamuan, hingga permainan tradisional.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com