Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Dosen USK Masuk Jajaran 100 Ilmuwan Berpengaruh di Indonesia

Kompas.com - 19/10/2023, 14:14 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - Tiga dosen Universitas Syiah Kuala (USK) berhasil masuk dalam jajaran 100 ilmuwan yang berpengaruh di Indonesia versi Universitas Stanford.

Pemeringkatan ini juga berdasarkan indikator penilaian yang dilakukan oleh Elsevier yang merupakan salah satu lembaga penerbit jurnal ilmiah dunia.

Baca juga: 6 Peneliti Undip Masuk Jajaran 2 Persen Ilmuwan Berpengaruh di Dunia

Ada beberapa indikator penilaian tersebut, di antaranya jumlah publikasi ilmiah dan jumlah pungutan atas publikasi ilmiah yang dibuat para ilmuwan.

Dilansir dari laman USK, Kamis (19/10/2023), memberitahukan nama tiga dosen USK yang jadi ilmuwan berpengaruh di Indonesia, yakni:

  • Dr. Harapan peringkat ke-6 dari Fakultas Kedokteran
  • Prof. Mudatsir peringkat ke-46 dari Fakultas Kedokteran
  • Prof. Muchlisin peringkat ke-78 dari Fakultas Kelautan dan Perikanan.

Untuk diketahui, Dr. Harapan telah berhasil menerbitkan 50 jurnal Internasional dan bertindak sebagai reviewer di beberapa jurnal yang ternama di Dunia.

Dia melanjutkan gelar Master in Infectious Diseases (M.Infect.Dis) dan PhD di School of Biomedical Sciences, The University of Western Australia.

Gelar Doktornya berfokus pada epidemiologi molekuler dan investigasi kesehatan masyarakat terhadap arbovirus utama di Indonesia (virus demam berdarah, chikungunya, dan Zika).

Dr. Harapan juga menerima Diploma in Tropical Medicine and Hygiene  dari Fakultas Kedokteran Tropis, Mahidol University, Bangkok.

Adapun Prof. Mudatsir merupakan pakar mikrobiologi USK. Di mana risetnya, banyak berfokus pada penyakit menular, epidemiologi, molekuler, genetika, dan biologi molekuler.

Dia juga aktif menulis pada berbagai jurnal bereputasi nasional dan internasional.

Sementara Prof. Muchlisin merupakan seorang guru besar di bidang Ikhtiologi, yaitu cabang ilmu yang mempelajari kehidupan ikan.

Baca juga: Kisah Mujab, Lulusan UI Gapai Beasiswa LPDP ke Inggris berkat Doa Ibu

Prof. Muchlisin telah menerbitkan banyak makalah di beberapa jurnal bereputasi dan editor untuk beberapa jurnal, prosiding dan buku, serta reviewer untuk beberapa jurnal referensi.

Saat ini, Prof. Muchlisin menjabat Dekan Fakultas Kelautan dan Perikanan Universitas Syiah Kuala periode 2018 hingga 2026.

Rektor USK, Prof. Marwan turut menyampaikan syukur dan rasa bangga atas pencapaian ketiga dosen USK tersebut.

"Alhamdulillah, prestasi ketiga dosen ini merupakan kebanggaan bagi USK. Hal ini setidaknya menunjukkan, kompetensi dosen USK kian diakui dunia. Dan ini merupakan pencapaian penting dalam upaya kampus ini menuju World Class University," kata Prof. Marwan.

Prof. Marwan mengakui, selama ini hasil riset dari mereka telah banyak memberikan kontribusi penting bagi masyarakat, maupun perkembangan ilmu pengetahuan.

Baca juga: Kisah Nyoman, Lulusan Cumlaude ITB yang Lolos Beasiswa LPDP ke MIT

Rektor Prof. Marwan berharap prestasi ini dapat menginspirasi para dosen USK lainnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com