Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 PTN Ini Buka Penerimaan Maba Jalur Ketua OSIS, Ada IPB dan Unair

Kompas.com - 18/10/2023, 07:24 WIB
Mahar Prastiwi,
Dian Ihsan

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Ada perguruan tinggi negeri (PTN) yang membuka jalur khusus penerimaan mahasiswa baru bagi para ketua OSIS.

Informasi mengenai jalur ketua OSIS ini tentu perlu diketahui para ketua OSIS yang tahun depan hendak melanjutkan pendidikan dan mengincar perguruan tinggi negeri (PTN).

Dilansir dari laman masing-masing PTN, berikut kampus yang membuka jalur khusus bagi ketua OSIS.

Kompas.com merangkumkan juga persyaratan lengkap untuk mendaftar sehingga para ketua OSIS bisa mulai mempersiapkan diri untuk mendaftar di PTN tersebut. Berikut informasi lengkapnya:

Baca juga: Cerita Keseharian Mahasiswa Kedokteran UGM, Belajar 3-6 Jam Sehari

1. Institut Pertanian Bogor (IPB)

Skema ini adalah salah satu seleksi mandiri di IPB untuk mencari calon mahasiswa yang telah terbukti memiliki jiwa kepemimpinan sebagai ketua OSIS selama di SMA, sekaligus memiliki kemampuan akademik yang memadai untuk dididik di IPB menjadi calon pemimpin yang memiliki intelektual tinggi, atau intelektual yang memiliki jiwa kepemimpinan yang kuat.

Skema ini diharapkan akan menghasilkan calon-calon pemimpin baik pemimpin nasional, daerah, perusahaan maupun penggerak masyarakat yang memimpin dengan pendekatan scientific, atau menerapkan scientific based leadership.

Kualifikasi pelamar jalur ketua OSIS di IPB:

  • Pernah menjadi ketua OSIS selama di SMA/MA, yang di perkuat dengan surat Kepala Sekolah bahwa pelamar adalah benar siswa di sekolahnya dan pernah menjadi ketua OSIS selama sekurangnya satu periode, dilengkapi dengan surat keputusan kepala Sekolah tentang pengangkatan pelamar sebagai ketua OSIS
  • Lulusan tahun 2023 jurusan IPA ;
  • Rataan nilai Matematika, Fisika, Kimia dan Biologi selama 5 semester sekurangnya 80,
  • Bersedia mendapatkan pelatihan kepemimpinan, kewirausahaan dan pelatihan lainnya.

Informasi lengkap jalur ketua OSIS di IPB bisa dibaca di laman https://admisi.ipb.ac.id/ketua-osis/.

2. Universitas Airlangga (Unair)

Universitas Airlangga (Unair) termasuk PTN yang membuka jalur ketua OSIS pada penerimaan mahasiswa baru tahun 2023 ini.

Jalur golden ticket di Unair ini sebagai salah satu jalur penerimaan mahasiswa baru (maba) yang diperuntukkan bagi peserta yang memiliki prestasi luar biasa.

Ada beberapa persyaratan bagi peserta yang akan mengikuti seleksi golden ticket. Pendaftar golden ticket harus merupakan siswa SMA yang eligible dalam SNBP. Selain itu, siswa juga harus memilih prodi yang ada di UNAIR sebagai pilihan pertama dalam SNBP.

Peserta golden ticket harus dapat membuktikan prestasi luar biasa secara akademik atau non-akademik. Peserta yang memiliki prestasi bidang organisasi seperti ketua OSIS, dan para penghafal kitab suci agama yang diakui di Indonesia juga dapat memasukkan prestasinya dalam mengikuti seleksi golden ticket.

Untuk bergabung dalam seleksi golden ticket, siswa wajib mengikuti Airlangga Education Expo (AEE), siswa dapat mendaftarkan diri secara individu maupun kolektif ke situs https://eduexpo.unair.ac.id/.

Sebagai informasi, tahun 2022 pendaftar golden ticket di Unair mencapai 500 peserta. Dengan sejumlah syarat dan mekanisme seleksi yang ketat, sejumlah 71 siswa dinyatakan berhasil mendapat golden ticket dan lolos UNAIR tanpa mengikuti SNBP, SNBT, maupun seleksi mandiri.

Baca juga: Keunikan SMA Kolese De Britto, Siswa Boleh Gondrong hingga Berpakaian Bebas

3. Universitas Sebelas Maret (UNS)

Seleksi Mandiri Jalur Kepemimpinan Muda (SMJKM) bertujuan menjaring calon mahasiswa lulusan SMA/MA/SMK atau sederajat paling lama tiga tahun terakhir yang pernah mengemban tugas sebagai ketua Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) minimal satu periode.

Halaman:


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com