Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Tips Jadi Penyiar Radio bagi Pemula, Siswa Bisa Coba

Kompas.com - 17/10/2023, 12:44 WIB
Mahar Prastiwi,
Dian Ihsan

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Adakah diantara kamu yang ingin menjadi seorang penyiar radio? Di tengah gempuran teknologi, keberadaan radio ternyata masih disukai oleh berbagai kalangan.

Otomatis, profesi sebagai penyiar radio pun tetap dibutuhkan hingga saat ini. Menjadi seorang penyiar radio kamu bisa berbicara dengan ribuan pendengar, berbagi informasi, hiburan, dan musik, serta membangun koneksi dengan audiens.

Menjadi seorang penyiar radio juga sangat terbuka untuk semua jurusan kuliah, termasuk jurusan yang ada di pendidikan vokasi. Namun, menjadi penyiar radio yang sukses membutuhkan keterampilan tertentu.

Dilansir dari laman Direktorat Pendidikan Vokasi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Ditjen Vokasi Kemendikbud Ristek), Selasa (17/10/2023) membagikan beberapa tips agar bisa menjadi seorang penyiar radio yang handal.

Baca juga: 4 Kota dengan Biaya Terjangkau untuk Kuliah Kedokteran di Luar Negeri

Tips menjadi penyiar radio bagi pemula

Tips ini dibagikan oleh salah satu alumnus pendidikan vokasi dari lembaga kursus dan pelatihan (LKP) Erlangga, Blitar, yang sukses menjadi penyiar radio adalah Ferga Nariza.

Meskipun Ferga Nariza memilih jurusan Administrasi Perkantoran di LKP tersebut, ia bisa menjadi seorang penyiar radio sejak 2017 di Mayangkara Group hingga sekarang. Berikut tips yang bisa dicoba siswa yang ingin menjadi seorang penyiar radio:

1. Banyak belajar teknik vokal

Menjadi seorang penyiar radio tidak hanya asal bicara di depan mikrofon saja. Tapi juga membutuhkan teknik vokal yang baik. Kamu bisa mulai berlatih intonasi, vokal, dan kejelasan berbicara.

Pastikan kamu berbicara dengan jelas dan mudah dipahami. Berbicaralah dengan semangat dan menggunakan bahasa yang tepat sesuai dengan apa yang dikatakan.

Menurut Ferga, intonasi untuk segmen berita tentu akan berbeda dengan segmen hiburan. Maka dari itu, kamu mengenali berbagai macam intonasi.

Baca juga: Prospek Kerja Lulusan Culinary Arts & Gastronomy, Tak Hanya Jadi Chef

2. Sering baca

Dia menambahkan, dalam menyusun konten radio dan segmen, seorang penyiar radio memerlukan wawasan yang luas. Terlebih penyiar radio akan bertemu dengan beberapa narasumber.

"Maka dari itu, sangat penting untuk sering membaca dan mempelajari berbagai ilmu untuk menambah wawasan dan literasi," terang Ferga Nariza.

3. Perbanyak jam terbang

Untuk menjadi lebih baik dalam berbicara di depan mikrofon, praktik sangat penting. Mulailah dengan merekam percakapan kamu sendiri atau membacakan teks.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com