Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Kota dengan Biaya Terjangkau untuk Kuliah Kedokteran di Luar Negeri

Kompas.com - 17/10/2023, 09:15 WIB
Mahar Prastiwi,
Dian Ihsan

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Kuliah di Jurusan Kedokteran masih menjadi favorit sebagian calon mahasiswa. Tidak hanya kuliah Jurusan Kedokteran di dalam negeri, ada juga calon mahasiswa yang ingin kuliah Kedokteran di luar negeri.

Bagi calon mahasiswa yang ingin kuliah Kedokteran di luar negeri, ada beberapa kota yang bisa dijadikan pilihan.

Selain karena kualitas pendidikan, 4 kota ini juga punya biaya yang terjangkau bagi mahasiswa Kedokteran.

Dilansir dari akun Instagram kursus bahasa Inggris untuk study overseas, Selasa (17/10/2023) berikut rekomendasi 4 kota terjangkau untuk kuliah Kedokteran.

Baca juga: Cek Tahapan Penyaluran Tunjangan Guru ASN dan Non-ASN

4 kota dengan biaya terjangkau untuk kuliah Kedokteran

1. Munich, Jerman

Salah satu rekomendasi negara untuk kuliah Kedokteran adalah di Munich, Jerman. Perkuliahan di Kota Munich hanya membayar biaya administrasi sekitar 300 euro atau sekitar Rp 4,9 juta.

Rekomendasi kampus yang ada di Munich bagi siswa yang ingin kuliah Kedokteran antara lain:

  • Ludwig Maximilian University of Munich (LMU): Kampus ini berada di peringkat 47 Kampus Kedokteran terbaik di Jerman versi Quacquarelli Symonds World University Rankings (QS WUR) WUR by Subject Medicine 2023.
  • Technical University of Munich (TUM): Kampus ini menjadi tempat riset Kedokteran terbaik di Jerman. Kampus ini bisa jadi pilihan karena berada di peringkat 73 QS WUR by Subject bidang medicine.


Baca juga: Cerita Alumnus SMA Taruna Nusantara Raih Beasiswa Indonesia Maju

2. Seoul, Korea Selatan

Di negara Asia juga ada kota yang bisa dijadikan rekomendasi untuk kuliah Kedokteran, yakni berada di Seoul, Korea Selatan.

Seoul juga merupakan kota ketiga terbaik untuk pelajar versi QS 2024 dan mempunya skor tinggi untuk affordability (keterjangkauan) dan desirability (keinginan). Berikut rekomendasi kampus untuk kuliah Kedokteran di Seoul.

  • Seoul National University: Kampus ini menjadi universitas Kedokteran terbaik di Korea Selatan. Fasilitas yang tersedia cukup banyak seperti rumah sakit tertua dan terbesar di Korea Selatan.
  • Yonsei University: Selain masuk dalam kampus Kedokteran terbaik di Korea Selatan, Yonsei University juga punya banyak program pelajar.

Baca juga: Syarat Nilai Rapor dan Skor IQ untuk Daftar SMA Taruna Nusantara

3. Leuven, Belgia

Kuliah Kedokteran di Leuven, Belgia juga tergolong terjangkau jika dibandingkan kota di Eropa lainnya. Biaya kuliah di Leuven, Belgia berkisar 300 dollar Amerika atau sekitar Rp 46 juta per tahun.

Rekomendasi kampus untuk kuliah Kedokteran di Leuven adalah KU Leuven. Kampus ini menjadi salah satu universitas tertua dan paling disegani. Kampus ini juga jadi kampus Kedokteran terbaik di Belgia.

4. Montreal, Kanada

Montreal di Kanada juga masuk dalam daftar rekomendasi bagi calon mahasiswa yang ingin kuliah Kedokteran.

Rekomendasi bagi calon mahasiswa yang ingin kuliah Kedokteran adalah di McGill University. McGill University berada di peringkat dua kampus terbaik untuk kuliah Kedokteran di Kanada.

Baca juga: Pengumuman Seleksi Administrasi PPPK Guru 2023 sampai Kapan? Ini Cara Ceknya

Demikian 4 kota yang bisa dijadikan rekomendasi untuk kuliah kedokteran di luar negeri. Selain menggunakan biaya mandiri, untuk kuliah Kedokteran di luar negeri kamu juga bisa memanfaatkan program beasiswa yang tersedia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com