Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kisah Theo, Lulus S1 Hanya 3,4 Tahun, Kini Kerja di Kemendikbud

Kompas.com - 13/10/2023, 07:44 WIB
Sandra Desi Caesaria,
Ayunda Pininta Kasih

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Lulus cepat dan dapat kerja di Kementerian, menjadi pengalaman tersendiri bagi Theo Gerald Napitupulu.

Theo berhasil lulus jenjang S1 hanya dalam waktu 3,4 tahun dari Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Brawijaya atau FISIP UB.

Normalnya, untuk lulus jenjang S1 paling cepat 3,5 tahun. Dengan sejumlah prestasi dan penghargaan yang ia miliki, alumnus Program Studi Hubungan Internasional ini juga berhasil mendapatkan kesempatan karir yang cemerlang.

Baca juga: Cerita Yudha 118 Kali Gagal Raih Beasiswa, Akhirnya Lolos LPDP ke Luar Negeri

Yaitu dengan menjadi bagian dari Kementerian Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek), terutama untuk program Kampus Merdeka.

“Puji Tuhan keterima di BCG dan sudah full time di Kemendikbud kerjain Kampus Merdeka dari semester 6 sampai sekarang ditambah lomba lomba dan jadi mawapres FISIP,” kata Theo, dilansir dari laman Fisip UB.

Theo membagikan caranya untuk bisa lulus lebih cepat namun tetap bisa berprestasi.

“Sebenarnya aku fokus semester 1-2 untuk belajar supaya tahu pola belajar aku kayak gimana. Baru semester 3-7 aku udah fokus organisasi, magang, kerja dan lomba-lomba,” ucapnya.

Baca juga: Sosok Stanley, Lulus dari Jurusan Kedokteran UB dengan IPK 3,99

Meski begitu, Theo menampik bahwa ia adalah tipikal mahasiswa yang gila belajar. Bagi Theo, ia mengedepankan prioritasnya pada dua hal.

Pertama, dengan tidak menunda tugas dan menjadikan tugas sebagai prioritas utama.

Tidak lupa juga dengan rajin mencatat serta bertanya, supaya bisa dapat poin tambahan dan ketika masa ujian tiba sudah siap.

Dia juga mengaku selalu mencari pengalaman di luar UB, seperti networking, lomba, magang, dan lain-lain.

Need to prepare our academic dan professional experience, karena di dunia pekerjaan, IPK cuma jadi standar screening pertama, yang dilihat lebih ke pengalaman,” lanjut Theo.

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, Theo saat ini berkarir di Kemendikbud, khususnya Kampus Merdeka – MSIB. Ia juga berhasil membuat pusat karir bersama Bank Pertama untuk menjalin MoU kerjasama di dalamnya.

“Kita dari kemendikbud akan cari cara terus agar mahasiswa S1 cepat terserap, khususnya dari FISIP UB ya,” pungkas Theo.-

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com